4 Kriteria Honorer Langsung Penempatan dan Diangkat ASN PPPK Guru Pada September

 Ilustrasi empat kategori yang langsung penempatan dan diangkat menjadi ASN PPPK Guru

Ilustrasi empat kategori yang langsung penempatan dan diangkat menjadi ASN PPPK Guru /Biro Adpim Jabar/
– Terdapat informasi terbaru terkait PPPK guru 2022 yang perlu diketahui oleh pelamar khususnya Jabatan Fungsional (JF) guru.

Informasi tersebut berkaitan dengan 4 kriteria tenaga honorer yang akan langsung diangkat ASN PPPK guru dan langsung penempatan pada bulan September ini.

Tentunya informasi ini merupakan salah satu angin segar yang sangat dinantikan bagi guru honorer yang telah memenuhi persyaratan untuk melamar PPPK 20202.

Tahapan Pengadaan PPPK 2022 jabatan fungsional guru terdiri atas perencanaan, pengumuman lowongan, pelamaran, seleksi pengumuman hasil seleksi, dan pengangkatan menjadi ASN PPPK sebagaimana dikutip melalui laman Youtube Calon Guru (Kanjeng Mariyadi Ngawi).

Dari rangkaian tahapan pengadaan PPPK 2022 yang menjadi muara akhir yaitu pengangkatan menjadi ASN PPPK 2022.

Sebagaimana jadwal yang telah dirilis oleh Kemenpan RB pembukaan pendaftaran CASN PPPK 2022 akan dibuka pada minggu ke 3-4 bulan September ini.

Namun pada saat ini, jika melihat table time, telah memasuki tahapan Rakor Pengadaan ASN Tahun 2022 sekaligus penyerahan Kemenpan RB tentang Penetapan Kebutuhan ASN kepada seluruh Instansi Pemerintah.

Baru-baru ini muncul surat Menpan RB dengan Nomor: B/1797/M.SM 01.00/2022 yang mengundang Pejabat Pembina Kepegawaian Instansi Pusat dan Instansi Daerah guna membahas persiapan pelaksanaan pengadaan ASN tahun 2022 di lingkungan instansi pemerintah.

Rapat tersebut akan diselenggarakan pada 13 September 2022 yang mana pada acara intinya yaitu terdapat kegiatan penyerahan Penetapan Kebutuhan Pegawai ASN tahun 2022.

Agenda inti tersebut juga merupakan agenda pokok dari rapat tersebut. Adanya kegiatan rakor tersebut merupakan salah satu hilal bahwa akan dimasukannya tahapan pembukaan pendaftaran CASN PPPK 2022 yang akan dibuka pada minggu ke 3-4 bulan September 2022.

Diketahui bahwa dalam mekanisme seleksi PPPK 2022 didasarkan formasi yang tersedia pada daerahnya masing-masing yang kemudian untuk penempatan akan diisi oleh peserta yang lulus passing grade terlebih dahulu.

Barulah kemudian diisi dengan pelamar kategori yang termasuk pada mekanisme seleksi dan observasi, pada tahap ini pelamar P2 dan P3 lah yang termasuk.

Dan yang terakhir masuk pada mekanisme seleksi tes CAT UNBK yang diperuntukkan bagi pelamar umum.

Lantas siapa saja empat kriteria tenaga honorer yang langsung diangkat ASN PPPK Guru dibulan September dan langsung penempatan apabila pembukaan pendaftaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan PANRB sebelumnya?

1. Guru Honorer K2 yang telah dinyatakan lulus passing grade pada seleksi PPPK 2021 dan belum mendapatkan formasi;

2. Guru honorer sekolah negeri yang telah dinyatakan lulus passing grade pada seleksi PPPK 2021 dan belum mendapatkan formasi;

3. Lulusan PPG yang telah dinyatakan lulus passing grade pada seleksi PPPK 2021 dan belum mendapatkan formasi dan;

4. Guru Swasta yang telah dinyatakan lulus passing grade pada seleksi PPPK 2021 dan belum mendapatkan formasi;

emikianlah informasi terkait empat kriteria tenaga honorer yang langsung diangkat ASN PPPK Guru dibulan September dan langsung penempatan apabila pembukaan pendaftaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan PANRB sebelumnya.***

Editor: Anbari Ghaliya

Sumber: YouTube Calon Guru (Kanjeng Mariyadi Ngawi)