Aplikasi Tryout CASN Juara Untuk Warga RI

 Gubernur Jabar Ridwan Kamil melihat penggunaan aplikasi try out CASN Juara

Gubernur Jabar Ridwan Kamil melihat penggunaan aplikasi try out CASN Juara (Foto: istimewa)

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar meluncurkan aplikasi try out calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Juara. Aplikasi ini bagian dari upaya dalam mengakomodir antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti tes CPNS.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan selain untuk try out tes CPNS, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Ridwan Kamil menilai minat masyarakat cenderung meningkat untuk mengikuti CPNS dan PPPK.

"CASN Juara membantu masyarakat mempersiapkan diri menghadapi tes tersebut, sekaligus meningkatkan kualitas pegawai. CASN Juara bisa diakses siapa pun, tidak hanya di Jabar tapi seluruh Indonesia, seluruh masyarakat di Indonesia bisa pakai, tidak harus di Jawa Barat," kata Ridwan Kamil , Sabtu (10/9/2022).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu mengatakan dalam beberapa peka setelah dioperasikan, sudah ada sekitar 10.000 orang yang mendaftar melalui laman casnjuara.jabarprov.go.id.

"Alhamdulillah peminatnya banyak, baru kita launching ya aplikasi CASN ini ada 11 ribuan yang mendaftar. Di sini hanya sampling yang fisik saja sebagai simbolis. Tapi ribuannya sekarang di rumahnya masing masih, nah masih ada yang ngantri juga yang belom kedapatan. Itu dia peminatnya banyak," ucap Kang Emil.

Sementara itu, Kepala BKD Jabar Yerry Yanuar mengatakan CASN menawarkan fitur lain, seperti soal latihan, perkembangan diri dilengkapi grafik, hingga peringkat. Yerry menyebutkan sekitar 50.000 soal ada di CASN Juara. Selain itu, ada peminatan untuk 10 jabatan fungsional, seperti humas, penyuluh pertanian, guru dan lainnya.

"Ini gratis daftarnya, tidak perlu membayar. Setelah berhasil mendaftar dan melengkapi data pada kolom profil, akun perlu diaktivasi sebelum dapat menikmati fitur latihan soal," tutur Yerry.

Diluncurkannya aplikasi try our CASN Juara diharapkan Yerrry bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan kelak meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM peserta yang lolos CPNS.

"Aplikasi ini hadir untuk menjawab persoalan global yang membutuhkan SDM berkualitas tinggi. Ini adalah salah satu bentuk sumbangsih Pemprov Jawa Barat untuk Indonesia," ucap Yerry.

(sud/yum) detik