Pendaftaran PPPK Guru dan Non 2022 Akhirnya Rilis Jadwal Diumumkan PANRB

 Ilustrasi Resmi! Pendaftaran PPPK Guru dan Non 2022 Diumumkan oleh PANRB, Akhirnya Rilis Jadwal…

Ilustrasi Resmi! Pendaftaran PPPK Guru dan Non 2022 Diumumkan oleh PANRB, Akhirnya Rilis Jadwal… /benzoix/Freepik
 Para peserta PPPK guru dan non 2022 harus mengetahui mengenai informasi pembukaan pendaftaran PPPK guru dan non di tahun 2022.

Informasi pembukaan pendaftaran PPPK guru dan non 2022 ini, merupakan salah satu hal yang ditunggu oleh para peserta PPPK guru 2022.

Pasalnya untuk rekrutmen atau pendaftaran PPPK guru dan non 2022, hanya diperuntukan bagi tenaga pendidik dan juga tenaga kesehatan.

Kemudian untuk penetapan kebutuhan formasi ASN PPPK guru dan non di tahun 2022, nantinya juga akan dibagikan oleh PANRB.

Selain itu, mengenai pengadaan ASN PPPK di tahun 2022 juga berfokus pada pelayanan dasar untuk PPPK guru dan juga tenaga kesehatan.

Sementara untuk tahapan pengadaan PPPK pada jabatan fungsional terdapat beberapa hal, diantaranya yakni:

  1. Perencanaan.
  2. Pengumuman lowongan.
  3. Pelamaran.
  4. Seleksi.
  5. Pengumuman hasil seleksi.
  6. Pengangkatan menjadi PPPK.

Terkait dengan penempatan PPPK guru, pada tahapan atau seleksi awal dengan berdasarkan PermenPANRB nomor 20 tahun 2022, mengenai pelamaran untuk guru yang telah lolos PG atau passing grade.

Penting untuk diketahui bagi guru yang telah lolos PG perlu untuk melakukan pendaftaran ulang terlebih dahulu dan juga mengecek akun SSCASN pada masing-masing pelamar.

Berdasarkan peraturan tersebut terkait kebutuhan guru pada PPPK 2022 nantinya akan disampaikan melalui SSCASN.

Aba Subagja, Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaan SDM Aparatur KemenpanRB menyampaikan informasi penting terkait pengadaan ASN tahun 2022 serta jadwal pelaksanaannya.

“Pengadaan PPPK di tahun 2022 ini, nanti kita akan rencanakan di awal bulan September ini. Kita akan bagikan penetapan formasinya,” kata Aba.

Lebih lanjut Aba Subagja juga menyampaikan terkait perkiraan jadwal pendaftaran PPPK guru dan non 2022 yaitu pada Minggu ke 4.

“Jadi memang sudah bisa teman-teman mempersiapkan. Jadi kami sekarang sudah memfinalkan untuk keputusan penetapannya,” kata Aba.

Dari yang disampaikan oleh Aba, peserta PPPK guru dan non 2022 dapat mengetahui bahwasanya untuk pelaksanaan PPPK 2022 akan dibukan pada Minggu keempat bulan September.

Hal ini tentunya juga telah sesuai dengan rencana timeline KemenPANRB yang telah dibagikan pada kesempatan sebelumnya.

Sehingga sangat penting bagi guru maupun non untuk mempersiapkan pendaftaran PPPK 2022 saat portal SSCASN telah dibuka BKN.***

Editor: Aida Annisa/prsoloraya