Nunuk Suryani Beri Kode Tentang Penempatan Pada PPPK Guru 2022

 Pada PPPK Guru 2022, Nunuk Suryani Beri Kode Penting Penempatan di Bulan Ini. P1 Harap Merapat

Pada PPPK Guru 2022, Nunuk Suryani Beri Kode Penting Penempatan di Bulan Ini. P1 Harap Merapat /storyset/Freepik
 Pada PPPK guru 2022, terdapat kabar penting untuk para pelamar PPPK guru 2022.

Kabar penting mengenai PPPK guru 2022 ini, datang langsung dari Nunuk Suryani, Plt. Ditjen GTK Kemdikbud, pada acara webinar Sapa GTK Episode 8 yang berjudul ‘Wujudkan Guru Berkualitas Melalui Seleksi Guru ASN PPPK’ melalui kanal YouTube Ditjen GTK Kemdikbud RI, pada Rabu, 5 Oktober 2022.

Pada kesempatan tersebut, Nunuk menyampaikan bahwa pada PPPK guru 2022, bagi guru yang telah lulus passing grade akan segera ditempatkan.

Selain itu, Nunuk juga menyampaikan terkait dengan solusi bagi guru lulus passing grade 2021 yang belum mendapatkan penempatan di tahun 2022 ini.

Lebih lanjut, bagi guru honorer yang telah lulus passing grade 2021, tentunya menjadi prioritas utama dalam seleksi PPPK guru 2022.

Berikut merupakan rincian prioritas pada seleksi PPPK guru 2022 diantaranya yakni:

- Guru THK-II lulus passing grade 2021 dan belum mendapatkan formasi.

- Guru non ASN lulus passing grade 2021 dan belum mendapatkan formasi.

- Guru lulusan PPG lulus passing grade tahun 2021 dan belum mendapatkan formasi.

- Guru swasta lulus passing grade tahun 2021 dan belum mendapatkan formasi.

Perlu diketahui dari seluruh guru honorer yang telah lulus passing grade tahun 2021, terdapat sebanyak 32.902 guru yang terancam tidak dapat diangkat menjadi ASN PPPK, karena belum mendapatkan penempatan.

Hal tersebut terjadi karena beberapa alasan seperti salah satunya yaitu adanya kelebihan guru hingga Daerah yang belum mengusulkan.

Nunuk menjelaskan bahwa ada solusi atau alternative apabila guru lulusan passing grade 2021 belum mendapatkan penempatan, akan tetapi ingin menjadi ASN di tahun 2022 ini, yaitu akan ditempatkan di sekolah lain di kota yang sama.

Apabila di sekolah lain juga telah penuh, guru akan sulit diangkat menjadi ASN PPPK di tahun 2022 ini.

Walaupun demikian, ada hal lain yang bisa dimanfaatkan oleh guru, yaitu guru bisa mengikuti mekanisme penilaian kesesuaian menggunakan jabatan fungsional lain yang dimiliki.

Contohnya, guru mata pelajaran IPA melamar PPPK guru 2022 dengan penempatan di SMP, karena telah penuh, jabatan fungsional guru tersebut bisa dialihkan menjadi guru kelas.

“Maka nanti jika ada pilihan (Solusi) itu, begitu masuk ke akun, aka nada pilihan menunggu tahun depan, atau bisa pindah ke JF lain. Lalu JF apa yang bisa Bapak/Ibu pilih ini ada di dalam menu akun Bapak/Ibu,” kata Nunuk.

Di samping itu, mengenai alur waktu seleksi ASN PPPK tahun 2022, Nunuk juga memberikan kode kalau di bulan Oktober hingga November 2022 ini seleksi guru ASN PPPK 2022 sudah dimulai.

Hal tersebut ditandai dengan persiapan yang dilakukan oleh Kemdikbud Ristek untuk pelaksanaan PPPK guru 2022.

 “Bersamaan dengan itu, kita semua sudah menyiapkan segala perangkat yang dibutuhkan untuk seleksi penilaian kesesuaian yang akan dilaksanakan sejalan dengan penempatan guru lulus passing grade. Dan jika masih ada yang tersedia formasi di Desember, diselesaikan dengan tes,” kata Nunuk.***

Editor: Aida Annisa

Sumber: Youtube Ditjen GTK Kemdikbud