Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2022

Ilustrasi. Semoga Lulus, Begini Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2022, Simak!
Ilustrasi. Semoga Lulus, Begini Contoh Deskripsi Diri PPPK Guru 2022, Simak! /pexels.com/picjumbo.com/ 
Simak infromasi mengenai contoh deskripsi diri dalam proses pendaftaran PPPK Guru 2022.

Mengisi deskripsi diri merupakan syarat wajib yang harus depuni pelamar PPPK Guru 2022.

Bagi setiap pelamar PPPK Guru 2022 diwajibkan mengisi kolom deskripsi diri pada laman ‘Pengisian Riwayat’ di portal SSCASN dengan jumlah maksimal 3000 karakter.

Ada beberapa tahap yang harus diisi, dan pelamar wajib mengisi seluruh tahapan itu secara lengkap supaya tidak gagal di tahap seleksi administrasi.

Dengan demikian, kolom deskripsi diri adalah salah satu isian yang tidak boleh kosong dalam proses pendafataran PPPK 2022.

Lantas, seperti apa tepatnya cara mengisi deskripsi diri PPPK Guru 2022? Apa saja yang harus dicantumkan?

Simak ulasan lengkapnya yang dilansir Portalsulut.com dari video di YouTube Info ASN Honorer yang diunggah pada Kamis, 3 November 2022.

Seperti dijelaskan, deskripsi diri mencakup hal-hal yang menggambarkan pelamar dalam hal pekerjaan dan kehidupan bermasyarakat.

  1. Berikut poin-poin yang harus ditulis dalam deskripsi diri PPPK Guru 2022:
  2. Perkenalan diri, meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta pekerjaan dan tempat kerja saat ini.
  3. Pengalaman pekerjaan sebagai guru, berapa lama sudah menjadi guru, apa kontribusi yang diberikan selama mengajar, serta prestasi-prestasi yang dicapai.
  4. Pengalaman dan kiprah di tengah masyarakat. Aktif di tengah masyarakat menjadi nilai plus sehingga pelamar harus menjelaskan apa perannya di tengah masyarakat.

Ada pun contoh deskripsi diri PPPK Guru 2022adalah sebagai berikut:

Perkenalkan nama saya …., lahir di ….. pada tanggal …… Saat ini saya menjadi guru honorer di SDN/SMPN/SMAN …. Kecamatan … Kabupaten …. Provinsi ….

Saya sudah bekerja sebagai guru honorer selama kurang lebih delapan tahun dan alhamdulillah sampai sekarang masih diberi kesempatan untuk mengabdi di bidang pendidikan.

Tidak hanya itu, saya juga mengabdi sebagai Ketua DKM (Dewan Kesejahteraan Masjid) di kampung halaman saya. Saya juga masih aktif di bidang pemberdayaan masyarakat dengan bergabung di BPD tingkat desa.

Demikian esai ini saya tulis dengan sebenar-benarnya. Sekian dan terima kasih.

Setelah mengisi kolom deskripsi diri, pelamar harus melengkapi data riwayat pendidikan, seluruh kolom harus terisi.

Jika pelamar tidak mengetahui akreditasi perguruan tinggi tempatnya belajar sebelumnya, maka kolom akreditasi tetap diisi dengan tanda strip ‘-‘ supaya data dapat di-save, atau disimpan.

Setelah itu, pelamar mengisi daftar pengalaman kerja. Sama seperti riwayat pendidikan, riwayat pekerjaa juga harus diisi dengan lengkap.

Itulah informasi seputar contoh deskripsi diri yang harus diisi pelamar PPPK Guru 2022 di portal SSCASN.***

Editor: Jaka Prasojo/portalsulut