Kuota PPPK Guru di Sulawesi Barat dan Rinciannya serta Tips Lolos Seleksi

PPPK Mengundurkan Diri
Ilustrasi (Luthfy Syahban/detik)
Pendaftaran Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) guru telah resmi dibuka sejak 31 Oktober 2022 lalu dan akan berakhir pada 13 November 2022 mendatang. Kuota PPPK guru untuk setiap instansi pemerintah daerah juga telah diumumkan.

Berdasarkan Surat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKN Nomor: 35846/B-KS.04.01/SD/K/2022. Pendaftaran dibuka untuk pelamar prioritas 1, 2, 3, dan umum. Adapun formasi yang terbuka adalah guru, tenaga kesehatan (nakes), dan tenaga teknis.

Secara keseluruhan kuota perkiraan formasi guru tahun 2022 sebanyak 758.018 orang dan non guru sebanyak 184.239 orang. Sementara kuota PPPK guru 2022 yang disediakan untuk provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) total berjumlah 6.166 orang.

Adapun rincian kuota PPPK Guru untuk Sulawesi Barat dapat dilihat berikut ini:

NoKabupaten/KotaKuota PPPK Guru
1

Pemprov Sulawesi Barat

790
2

Kab. Majene

416
3

Kab. Mamuju

689
4

Kab. Polewali Mandar

2.160
5

Kab. Mamasa

845
6

Kab. Pasangkayu

907
7

Kab. Mamuju Tengah

359

Tips Untuk Lulus Tes PPPK Guru 2022

Untuk lolos seleksi PPPK guru, diperlukan persiapan yang matang agar bisa lolos seleksi. Pelamar harus mampu bersaing dengan peserta lain.

Lantas bagaimana tips lolos seleksi PPPK guru? Simak tips untuk lolos tes PPPK Guru 2022 berikut ini sebagaimana dirangkum detikSulsel dari berbagai sumber:

1. Penuhi Persyaratan yang Dibutuhkan

Hal yang pertama harus dilakukan adalah memeuhi semua persyaratan yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Ini merupakan tips dasar untuk bisa lolos seleksi PPPK, jika syarat tidak dipenuhi maka otomatis akan gugur.

2. Pelajari Prediksi Materi Tes PPPK Guru

PPPK ini merupakan program yang dilakukan dengan sistem seleksi. Para peserta akan bersaing ketat.

Sehingga perlu persiapan matang untuk mengikuti tes tersebut. Salah satunya mempelajari prediksi materi yang dapat diakses melalui situs learning and sharing.

3. Ikuti Simulasi atau Kursus

Calon peserta tes dapat mengikuti simulasi tes PPPK guru yang diadakan oleh lembaga tertentu, baik yang berbayar maupun yang tidak berbayar atau gratis. Hal ini akan membiasakan calon peserta menghadapi soal dan berada dalam tekanan.

4. Tidak Mengosongkan Jawaban

Pada sistem penilaian seleksi ini, tidak ada pengurangan jawaban. Namun, jangan menganggap enteng dan memilih untuk mengosongkan jawaban.

Jawab semua pertanyaan hingga tidak ada jawaban yang kosong, dan usahakan menjawab pertanyaan sebaik mungkin.

5. Perbanyak Berdoa

Seteah berupaya jangan lupa berdoa agar dapat merasa tenang dan akan menghasilkan energi positif untuk mencapai keinginan dan tujuan. Termasuk untuk lolos PPPK guru.

detik (alk/hmw)