Penyebab Pelamar PPPK Guru 2022 Tidak Lolos Seleksi Administrasi

3 alasan pelamar tidak lolos seleksi administrasi PPPK guru 2022
3 alasan pelamar tidak lolos seleksi administrasi PPPK guru 2022 /pressfoto/Freepik 
Pada pengumuman hasil seleksi admnistrasi PPPK guru 2022, tentu ada pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi.

Bagi pelamar PPPK guru 2022 yang tidak lolos seleksi administrasi inilah yang menyebabkan banyak pelamar yang bertanya-tanya apa alasannya.

Alasan penyebab tidak lolos seleksi administrasi PPPK guru 2022, bisa disebabkan oleh beberapa hal ini.

Di mana penyebab pelamar tidak lolos seleksi administrasi PPPK guru 2022, juga disebutkan di akun sscasn pelamar dan buku panduan pelaksanaan PPPK guru 2022.

Meski demikian, masih banyak pelamar PPPK guru 2022 yang belum mengetahui, oleh sebab itu, inilah 3 penyebab pelamar PPPK guru 2022 dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi, sebagai berikut:

  1. Dokumen Pelamar

Alasan pertama yang menyebabkan pelamar tidak lolos seleksi administrasi adalah karena dokumen yang pelamar unggah tidak sesuai dengan persyaratan administrasi.

Dokumen-dokumen tersebut berupa KTP, ijazah, pas foto, dan lain sebagainya yang ditentukan oleh Panitia seleksi.

Alasan pertama pelamar tidak lolos seleksi administrasi ini dijelaskan melalui peraturan resmi PANRB nomor 20 tahun 2022, tentang juknis pelaksanaan PPPK guru 2022.

  1. Ijazah

Hal kedua yang sering menjadi alasan mengapa pelamar tidak lolos seleksi administrasi adalah karena ijazah yang tidak linier dengan ketentuan yang berlaku.

Perlu diketahui bahwa untuk persyaratan menjadi peserta PPPK guru 2022 adalah memiliki ijazah S1 atau D4.

Apabila pelamar mengunggah file ijazah ke sscasn dengan ijazah fotokopi, bukan yang ijazah asli sesuai dengan persyaratan Instansi, maka hal tersebut bisa menjadi alasan pelamar tidak lolos seleksi administrasi.

  1. Scan Transkip

Alasan ketiga yang menyebabkan pelamar PPPK guru 2022 tidak lolos adalah karena pada saat pelamar mengunggah scan transkip nilai ijazah tidak dengan yang asli.

Sebab, mengunggah scan transkip nilai merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh para pelamar PPPK guru 2022.

Alasan ketiga ini, kerap kali tidak diketahui oleh pelamar PPPK guru 2022.

Itulah tiga alasan yang menyebabkan pelamar tidak lolos seleksi administrasi pada PPPK guru 2022.***

Editor: Aida Annisa

Sumber: PANRB Nomor 20 Tahun 2022