Cara Cek Ketersediaan Formasi Pelamar Umum PPPK 2022 JF Guru

Ilustrasi. Cara mengecek ketersediaan formasi untuk pelamar umum PPPK guru 2022.
Ilustrasi. Cara mengecek ketersediaan formasi untuk pelamar umum PPPK guru 2022. /Pixabay/bernal1/ 
Rekrutmen PPPK 2022 untuk jabatan fungsional guru dibagi menjadi empat kategori, yakni P1, P2, P3, dan pelamar umum.

Setelah seleksi P1 PPPK 2022 guru selesai, dilanjutkan dengan seleksi P2 dan P3 berdasarkan mekanisme kesesuaian observasi. Barulah lanjut seleksi untuk pelamar umum.

Seleksi PPPK guru untuk pelamar umum akan dilakukan apabila formasi masih tersedia dan pelamar P1, P2, dan P3 telah memperoleh formasi.

Sehubungan dengan hal itu, disampaikan tentang progress seleksi pelamar umum PPPK 2022 untuk jabatan fungsional guru, pendaftaran dibuka pada tanggal 18 hingga 22 Desember 2022.

Progres seleksi pelamar umum PPPK 2022 untuk jabatan fungsional guru, telah dirilis dalam laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id/.

Di laman tersebut, dijelaskan beberapa acuan langkah seleksi PPPK 2022 di antaranya adalah Mulai Pendaftaran, Penilaian Kesesuaian PS, KS, dan Guru Senior.

Selanjutnya Penilaian Kesesuaian Disdik dan BKPSDM, Pengolahan Hasil Penilaian Kesesuaian dan Pemilihan Formasi (Pelamar Umum).

Setelah itu, Pengumuman Seleksi (Pelamar Umum) dan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi.

Progres sebagimana yang disampaikan dalam laman guru tersebut, telah sampai tahap pemilihan untuk formasi umum PPPK 2022.

Adapun beberapa hari yang lalu, disampaikan terkait adanya daftar untuk formasi pelamar umum PPPK 2022.

Terdapat link untuk pengecekan, apakah di instansi yang dilamar dibuka untuk formasi pelamar umum.

Maka, guru honorer atau guru yang memiliki sertifikat PPG yang ingin mendaftar menjadi pelamar umum, sebaiknya mengecek terlebih dahulu, apakah instansi yang ingin dilamar menyediakan formasi.

Sementara itu, Kemdikbud telah merilis situs untuk melakukan pencarian formasi yang diperuntukkan bagi pelamar umum.

Adapun cara pengecekannya melalui situs pencarian yang telah dirilis oleh Kemdikbud terkait daftar formasi umum adalah sebagai berikut.

1. Kunjungi Google. Selanjutnya kunjungi situs https://gurupppk.kemdikbud.go.id/formasi-umum/

2. Saat masuk laman, terdapat imbauan sebagai berikut:

"Pilih instansi untuk melihat daftar formasi umum pelamar PPPK guru 2022"

3. Selanjutnya, klik pilih instansi

4. Instansi yang membuka formasi untuk pelamar umum otomatis akan muncul. Akan tetapi, jika tidak muncul berarti instansi tersebut tidak membuka formasi.

5. Adapun jika ada info formasi, akan tetapi di laman tersebut tidak terdaftar instansi yang dicari, kemungkinan sudah dioptimalisasi untuk pelamar P1, P2 dan P3.

Pasalnya, pada laman tersebut nanti terdaftar beberapa hal, yakni instansi yang membuka formasi, jabatan, jenjang yang membuka, nama instansi yang membuka seperti nama sekolah dan juga jumlah lowongan yang membuka.***

Editor: Syifa Alfi Wahyudi

Sumber: YouTube Salam Satu Data