Deskripsi Pengalaman Kerja Dapat Menjadi Referensi Daftar PPPK 2022

Ilustrasi beda Firma dan CV.
Contoh deskripsi lamaran kerja (Foto: Scott Graham/Unsplash) 
Contoh deskripsi pengalaman kerja bisa dijadikan acuan atau referensi untuk melamar pekerjaan. Nah, pada seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) 2022, pelamar harus mencantumkan deskripsi pengalaman kerja.

Umumnya, isi dari deskripsi pengalaman kerja yaitu pencapaian hasil yang dituliskan secara sederhana dan jelas.

Mengenal Pengertian Deskripsi Pengalaman Kerja

Mengutip buku Mudah Mencari Kerja karangan Eki Daniswara, deskripsi pengalaman kerja mencakup penjabaran mengenai jabatan, pengalaman kerja, jenis pekerjaan, prestasi, tanggung jawab dan wewenang pekerjaan, dan periode kerja.

Bagi fresh graduate baiknya deskripsi pengalaman kerja diisi dengan project yang dikerjakan semasa kuliah atau pekerjaan paruh waktu jika ada. Berdasarkan buku Sukses Dapat Kerja Jalur Online tulisan Aresto YS, detail informasi bisa diisi dengan deskripsi dan durasi proyek yang pernah dikerjakan.

Agar lebih paham, berikut contoh deskripsi pengalaman kerja yang bisa dijadikan referensi mengikuti seleksi PPPK tahun 2022.

Contoh Deskripsi Pengalaman Kerja

Saya Budi Budiawan dengan pengalaman bekerja selama 4 tahun sebagai PR & Communication Specialist di perusahaan Anak Emas Corp.

Di perusahaan tersebut saya bertugas untuk menjalin banyak kerja sama dan membangun relasi baik dengan klien yang mempunyai hubungan terkait proyek perusahaan.

Saya juga harus memastikan segala bentuk kerja sama dengan klien berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai harapan.

Salah satu pencapaian terbesar saya yaitu mampu membangun 7 relasi profesional dengan klien sehingga menciptakan kerja sama yang menguntungkan di antara dua belah pihak.

Tak hanya itu, saya ikut memimpin rapat pertemuan internal dan eksternal, menyediakan konten press release untuk kepentingan media massa, media monitoring, serta media visit.

Dikarenakan proyek yang diambil memerlukan banyak tenaga profesional, saya pun berperan menjalin kerja sama dengan tim marketing untuk keperluan beriklan.

Nah, itulah contoh deskripsi pengalaman kerja yang bisa dicantumkan ketika melamar pekerjaan. Keahliannya bisa detikers ganti menyesuaikan bidang yang dilamar.

Perlu diingat, penting untuk menjabarkan secara detail mengenai gambaran tugas di bidang terkait, termasuk pencapaian yang diraih selama bekerja.

(aeb/nwy)detik