Info Seleksi dan Jumlah Formasi dan Jumlah Formasi

Apa itu PPPK Tenaga Teknis
Foto: BKN RI (SSCASN)

 Apa itu PPPK tenaga teknis? PPPK tenaga teknis merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) selain PNS. PPPK tenaga teknis diangkat melalui seleksi nasional tahunan yang diselenggarakan pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN RI).

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang PPPK tenaga teknis, simak informasi lengkap tentang PPPK tenaga teknis berikut ini.

Apa itu PPPK Tenaga Teknis?

PPPK adalah singkatan dari Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja. Aturan tentang PPPK ini termuat dalam Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesua Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Dalam Pasal 1 ayat 4 dijelaskan bahwa PPPK atau Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.

Sementara, PPPK tenaga teknis adalah Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja yang diperuntukkan dalam lingkup fungsional tenaga teknis. PPPK tenaga teknis ini meliputi berbagai instansi kementerian.

Apa itu PPPK Tenaga Teknis
Ilustrasi PPPK Tenaga Teknis Foto: BKN RI (SSCASN)

Seleksi PPPK Tenaga Teknis 2022 Resmi Dibuka

Dilansir situs resmi BKN RI, Kamis (20/12/2022), seleksi PPPK tenaga teknis 2022 secara resmi telah dibuka. Pendaftaran PPPK tenaga teknis ini dimulai sejak tanggal 21 Desember 2022. Hal ini termuat dalam Siaran Pers BKN RI Nomor: 026/RILIS/BKN/XII/2022.

Berdasarkan Surat BKN tentang Jadwal Pelaksanaan Seleksi Penerimaan PPPK Tenaga Teknis Tahun 2022 tersebut, jadwal pendaftaran PPPK tenaga teknis berlangsung pada 21 Desember 2022 sampai dengan 6 Januari 2023 dan diikuti dengan Seleksi Administrasi hingga 11 Januari 2023.

Pelaksanaan pendaftaran PPPK tenaga teknis tersebut dilakukan melalui situs SSCASN BKN yang dengan alamat sscasn.bkn.go.id. Calon peserta seleksi PPPK tenaga teknis dapat membuat akun pada situs tersebut sebelum pendaftaran dimulai.

Jumlah Formasi PPPK Tenaga Teknis 2022

Dilansir situs resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab RI), Kamis (20/12/2022), untuk tahun ini, pemerintah menetapkan sebanyak 518.040 formasi PPPK. Jumlah ini terdiri atas formasi di tingkat pusat maupun daerah.

Formasi PPPK tersebut terdiri atas 93.197 formasi di tingkat pusat dan 424.843 formasi di daerah. Untuk formasi di daerah, terdiri atas 319.029 PPPK guru, 80.049 PPPK tenaga kesehatan, dan 25.765 PPPK tenaga teknis.

Apa itu PPPK Tenaga TeknisSitus SSCASN BKN RI Foto: Tangkapan layar situs SSCASN (sscasn.bkn.go.id)

Cara Cek Formasi PPPK Tenaga Teknis 2022

Adapun untuk formasi PPPK tenaga teknis 2022 diumumkan melalui masing-masing instansi. Bagi peserta calon PPPK tenaga teknis yang hendak mengetahui informasi formasi tersebut dapat melalui situs SSCASN BKN dengan cara berikut ini:

Cara cek formasi PPPK tenaga teknis 2022 adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs SSCASN dengan alamat sscasn.bkn.go.id
  2. Pilih menu "Info Lowongan"
  3. Halaman akan menampilkan Simulasi Pemilihan Formasi (SPF)
  4. Pilih jenis pengadaan "PPPK Teknis"
  5. Pilih instansi tertentu yang diinginkan atau pilih "Semua Instansi" untuk mengetahui semua lowongan yang tersedia
  6. Pilih tingkat pendidikan sesuai masing-masing
  7. Pilih jurusan pendidikan pada kolom "Pendidikan"
  8. Klik "Cari"
  9. Halaman akan menampilkan formasi PPPK tenaga teknis yang tersedia yang meliputi Ahli Pertama hingga Terampil.

Demikian penjelasan tentang apa itu PPPK tenaga teknis yang saat ini tengah dibuka bagi warga negara yang ingin melakukan pendaftaran seleksi peserta calon PPPK tenaga teknis. Semoga bermanfaat!/p>

(wia/imk)detik