Kunci Lulus Seleksi Kompetensi PPPK Tenaga Kesehatan 2022

Ilustrasi. Kunci Lulus Seleksi Kompetensi PPPK Tenaga Kesehatan 2022, Perhatikan Hal Ini
Ilustrasi. Kunci Lulus Seleksi Kompetensi PPPK Tenaga Kesehatan 2022, Perhatikan Hal Ini /SISWOWIDODO/ANTARA FOTO 
PPPK Tenaga Kesehatan telah mulai pada tahapan seleksi kompetensi di beberapa instansi dan wilayah di Indonesia.

Pelaksanaan seleksi kompetensi dilakukan di banyak tempat yang tersebar Indonesia.

Bagi kamu yang akan melaksanakan seleksi kompetensi PPPK Tenaga Kesehatan, kunci kesuksesan untuk lulus yaitu pada tipe soal di bawah ini.

Seleksi kompetensi PPPK Tenaga Kesehatan diikuti oleh ribuan orang dengan persaingan yang sangat ketat.

Berikut penjelasan jenis soal dan materi untuk seleksi kompetensi PPPK Tenaga Kesehatan 2022 yang dirangkum dari laman resmi CASN Kementerian Kesehatan.

Materi saat seleksi kompetensi PPPK Tenaga Kesehatan yang menjadi kunci lulus seleksi yakni terbagi menjadi tiga macam materi.

Pertama, kompetensi teknis. Kedua, kompetensi manajerial. Ketiga, kompetensi sosial kultural.

Seleksi Kompetensi Teknis

Telah diatur pada Peraturan Menteri PANRB No 29 tahun 2021 menggenai PPPK, bahwasannya seleksi kompetensi teknis bertujuan untuk mengetahui nilai penguasaan pengetahuan peserta.

Selain itu, seleksi kompetensi teknis juga bertujuan untuk menilai keterampilan dan juga sikap atau perilaku peserta seleksi.

Baru kemudian sikap atau perilaku peserta diamati, diukur, dan dikembangkan secara spesifik sehingga ditemukan kaitan dengan bidang teknis jabatan yang dituju.

Seleksi Kompetensi Manajerial

Seleksi kompetensi manajerial memiliki tujuan untuk menilai penguasaan peserta secara mendalam dengan kaitan seperti berikut:

- Adanya integritas, kerjasama, komunikasi, orientasi hasil, dan pelayanan publik.

- Selain itu, peserta juga diamati, diukur, dan dikembangkan yang terkait dengan adanya pengembangan diri dan orang lain, pengelolaan perubahan, dan bagaimana pengambilan keputusan.

Seleksi Kompetensi Sosial Kultural

Masih berdasarkan peraturan menteri yang sama, seleksi kompetensi sosial kultural adalah seleksi yang memiliki tujuan untuk pengetahuan hingga pengukuran perkembangan mengenai:

- Adanya pengalaman interaksi peserta dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku, dan budaya.

- Selain itu, peserta juga diketahui lebih lanjut mengenai perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi, dan prinsip.

- Lalu peserta juga harus memenuhi hal untuk pemegang jabatan yang bertujuan untuk menghasilkan pekerjaan yang sesuai peran, fungsi, dan jabatan sebagai perekat bangsa.

- Di antara hal yang harus dipenuhi tersebut yakni memiliki kepekaan terhadap perubahan budaya, memiliki hubungan sosial yang baik, peka terhadap konflik, dan juga memiliki empati.

Itulah kunci sukses mengerjakan seleksi kompetensi PPPK Tenaga Kesehatan 2022. Semoga bermanfaat.*** 

Editor: Syifa Alfi Wahyudi

Sumber: Kementerian Kesehatan