Pemerintah Kabupaten Aceh Barat membuka 389 formasi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), sebagai upaya untuk meningkatkan layanan publik di lembaga pemerintah daerah.

“389 formasi yang kita buka ini merupakan formasi tahun 2022, yang saat ini prosesnya masih berjalan di awal 2023,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPKSDM) Kabupaten Aceh Barat, Amril Nuthihar di Meulaboh, Selasa.

Ia menjelaskan, ada pun sasaran penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kabupaten Aceh Barat terdiri dari jabatan fungsional guru sebanyak 240 orang, dengan jumlah peserta yang mendaftarkan diri sebanyak 578 orang.

Untuk formasi ini, kata Amril, semua peserta telah mengikuti proses ujian yang diselenggarakan secara daring menggunakan sistem komputer (CAT), dan sedang menunggu pengumuman hasil ujian, dengan jadwal pengumuman kelulusan direncanakan pada bulan Februari 2023 mendatang.

Sedangkan untuk jabatan fungsional tenaga kesehatan, kata dia, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat membuka formasi penerimaan sebanyak 80 orang tenaga PPPK.

“Untuk jabatan fungsional, saat ini yang sudah dinyatakan lulus seleksi sebanyak 48 orang, dan sedang pengumuman akhir dan tahap pemberkasan,” kata Amril Nuthihar menambahkan.

Khusus untuk jabatan fungsional tenaga teknis, kata dia, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat membuka 69 formasi bagi  Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dengan jumlah peserta yang sudah mendaftar hingga Selasa (3/1) sore pukul 17.50 WIB mencapai 133 orang pelamar.

“Khusus untuk formasi fungsional tenaga teknis pendaftarannya masih kita buka hingga tanggal 6 Januari 2023,” katanya.

Amril Nuthihar menjelaskan pelaksanaan seleksi pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, sebagai upaya untuk mengisi kekosongan jabatan yang dibutuhkan guna memberikan layanan kepada masyarakat.