Contoh Surat Lamaran PPPK Tenaga Teknis 2022

Apa itu PPPK Tenaga Teknis
Contoh Surat Lamaran PPPK Teknis. (Foto: BKN RI (SSCASN))

Seleksi Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Teknis akan ditutup hari ini Jumat, 6 Januari 2023. Hari ini adalah kesempatan terakhir untuk mengecek ulang kelengkapan dokumen.

PPPK sendiri adalah salah satu jalur seleksi calon aparatur sipil negara (CASN). Seleksi PPPK bisa diikuti oleh tenaga pendidikan atau guru, tenaga kesehatan, serta PPPK teknis.

Untuk mengikuti seleksi PPPK Teknis, pelamar harus memenuhi beberapa syarat pendaftaran. Syarat daftar PPPK terdiri dari persyaratan umum dan persyaratan khusus.

Persyaratan yang wajib dilengkapi antara lain adalah surat lamaran. Surat ini berisi pernyataan melamar posisi dan instansi terkait.

Adapun surat lamaran ini tidak bisa sembarang ditulis dan wajib mengikuti format yang berlaku. Agar tidak salah format, detikEdu telah merangkum contoh surat keterangan pengalaman kerja PPPK Teknis dari Kementerian Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Pemerintah Daerah Bangka Belitung, dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Simak contohnya di bawah ini, ya.

Contoh Surat Lamaran PPPK Tenaga Teknis

1. Contoh Surat Lamaran PPPK Tenaga Teknis 1

SURAT LAMARAN PPPK TENAGA TEKNIS

YTH.
------------
di Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama :
Tempat, tanggal lahir :
Nomor KTP :
Pendidikan :
Jabatan yang dilamar :
Unit kerja yang dilamar :
Alamat domisili saat ini :
Alamat sesuai KTP :
Nomor HP :
Alamat email :

dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Seleksi Pengadaan PPPK di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang PMK Tahun Anggaran 2022.
Sebagai bahan pertimbangan, saya sampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. Surat lamaran yang diketik menggunakan komputer dan ditujukan kepada Menteri Koordinator Bidang PMK di Jakarta dan dibubuhi e-materai Rp10.000 dan ditandatangani;
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik asli atau Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil);
3. Ijazah asli atau bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri, telah memperoleh surat keputusan penyetaraan ijazah dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan;
4. Transkrip nilai asli atau bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri melampirkan transkrip nilai dan surat keputusan hasil konversi nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan;
5. Surat Rekomendasi Pengalaman Kerja dan Berkinerja Baik minimal 2 (dua) tahun;
6. Pelamar penyandang disabilitas wajib menyertakan*):
a. dokumen / surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah / puskesmas yang menyatakan jenis dan derajat kedisabilitasannya; dan
b. tautan / link video singkat yang menyatakan kegiatan sehari-hari dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar.

Demikian surat lamaran ini saya buat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia untuk membatalkan keikutsertaan / kelulusan saya pada seleksi PPPK Tenaga Kesehatan di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang PMK Tahun Anggaran 2022. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

(kota), (tanggal) (bulan) 2023
Yang membuat pernyataan,
e-Materai
Rp. 10.000,-


(ttd)


(Nama Lengkap)

2. Contoh Surat Lamaran PPPK Teknis 2

(kota), (tanggal) (bulan) 2023

Yth. ----------
di
Jakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama :
Tempat, tanggal lahir :
Nomor KTP :
Pendidikan :
Jabatan yang dilamar :
Alamat domisili saat ini :
Alamat sesuai KTP :
Nomor HP :
Alamat email :
dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat mengikuti Seleksi Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di Kejaksaan Agung Tahun Anggaran 2022.
Sebagai bahan pertimbangan, saya sampaikan hal-hal sebagai berikut:
1. Scan Surat Lamaran yang diketik menggunakan komputer dan ditujukan kepada Jaksa Agung Republik Indonesia di Jakarta, bermaterai Rp10.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam;
2. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik asli atau Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
3. Pas foto terbaru berlatar belakang warna merah berukuran 4x6;
4. Surat Pernyataan yang telah ditandangani oleh pelamar sesuai contoh sebagaimana yang tercantum dalam Lampiran IV Peraturan Kepala BKN Nomor 1 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan PPPK;
5. Scan Surat Pernyataan Data Diri Pelamar yang diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp6.000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena bertinta hitam;
6. Surat Keterangan tidak mengkonsumsi / menggunakan narkotika, psikotropika, prekursor, dan zat adiktif lainnya yang ditandatangani oleh dokter dari Unit Pelayanan Kesehatan Pemerintah atau Pejabat yang berwenang dari Badan/Lembaga yang diberikan kewenangan untuk pengujian zat narkoba dimaksud;
7. Scan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah atau swasta atau Puskesmas yang mencantumkan tinggi badan minimal, untuk laki-laki 155 (seratus lima puluh lima) cm dan untuk perempuan 150 (seratus lima puluh) cm dengan BMI 18-28
8. Scan Ijazah Asli dan Sertifikat Akreditasi Program Studi dari BAN-PT;
9. Scan Transkrip Nilai Ijazah Asli;
10. Scan Sertifikat / Nilai Prediksi TOEFL atau sertifikat IELTS / nilai prediksi IELTS sesuai dengan persyaratan
11. Serta dokumen lainnya yang dipersyaratkan sesuai dengan formasi jabatan yang saya lamar.
Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dan dokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dikemudian hari ditemukan data yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia untuk membatalkan keikutsertaan/kelulusan saya pada seleksi PPPK Tahun Anggaran 2022.
Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.


(kota), (Tanggal)
Yang membuat pernyataan

Materai Rp.10.000,-

(Nama lengkap)


3. Contoh Surat Lamaran PPPK Tenaga Teknis 3

Kabupaten/Kota, ............. 2023
Kepada,
YTH. ______
Di _____

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama
Tempat/Tanggal Lahir:
Jenis Kelamin:
NIK:
Jenjang Pendidikan:
Program Studi:
Alamat:
No. HP:
Jabatan yang Dilamar:

Dengan ini mengajukan permohonan keada Bapak/Ibu untuk dapat diterima menjadi calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja di lingkungan Pemerintah ______, dan sebagai bahan pertimbangan bersama ini disampaikan berkas lamaran dengan lampiran sebagai berikut:
1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik
2. Surat Pernyataan 5 poin
3. Ijazah sesuai kualifikasi pendidikan
4. Transkrip nilai + foto copy Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi dari BAN PT dan/atau Pusdiknakes/LAM PT KES Tentang Akreditasi Program Studi pada saat kelulusan.
5. Pas foto ukuran 3x4
6. Surat Keterangan Berpengalaman minimal 3 (tiga) tahun di bidang kerja yang relevan dengan jabatan fungsional yang dilamar dan surat pernyataan 5 poin.
7. Surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah/puskesmas yang menerangkan jenis/tingkat disabilitas (Bagi pelamar penyandang disabilitas).
8. Surat Tanda Registrasi (untuk pelamar tenaga kesehatan, kecuali pelamar pada jabatan penyuluh kesehatan masyarakat ahli pertama dan entomolog kesehatan terampil).
9. Sertifikat Kompetensi Sebagai Tambahan Nilai

Demikian permohonan ini disampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Materai Rp 10.000

(Nama Lengkap)

Demikian contoh surat lamaran PPPK Tenaga Teknis 2022. Cek kembali dan jangan sampai salah, ya!

(nir/nwk)detik