Soal Wawancara PPPK Tenaga Teknis 2023 dan Psikotes CPNS 2023 Sekitar Pancasila dan Motivasi Menjadi PPPK

 Soal Wawancara PPPK Tenaga Teknis 2023 dan Psikotes CPNS 2023 Sekitar Pancasila dan Motivasi Menjadi PPPK

Soal Wawancara PPPK Tenaga Teknis 2023 dan Psikotes CPNS 2023 Sekitar Pancasila dan Motivasi Menjadi PPPK
Adapun contoh soal wawancara PPPK tenaga teknis 2023 dan soal psikotes CPNS 2023 sekitar Pancasila dan motivasi menjadi PPPK.

Adapun yang harus dipersiapkan setelah dinyatakan lulus administrasi adalah mempelajari beberapa estimasi contoh soal wawancara PPPK tenaga teknis 2023 bagi yang mengikuti PPPK dan soal psikotes CPNS 2023 bagi yang akan mengikutinya.

Simak beberapa estimasi contoh soal wawancara PPPK tenaga teknis 2023 dan soal psikotes CPNS 2023 2023:

1. Jika Anda lulus sebagai PPPK tahun ini, apakah siap untuk ditempatkan di mana saja?

Bisa dijawab sebagai berikut saya siap, sebab bekerja dengan profesional sbab ini menjadi kesempatan bagi saya untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

2. Apa motivasi anda menjadi PPPK? jawab saja tugas pelayanan terhadap bangsa dan negara dan masyarakat, selain itu untuk mengembangkan kemampuan diri agar menjadi pegawai yang profesional

3. Apa pendapat anda tentang profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN)

Pertama, Sebagai ASN profesional harus memiliki kemampuan kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosio kultural, memiliki integritas dan mengedepankan kejujuran dalam bekerja.

Kedua, Selain itu harus memiliki skill bekerjasama dengan rekan baik seprofesi maupun tidak dalam satu profesi.

Mampu memberikan pelayanan publik secara proporsional, berusaha untuk mengembangkan diri untuk meningkatkan pelayanan pada negara dan masyarakat dan berperan aktif dalam membantu rekan untuk pengembangan dirinya.

Ketiga, harus memiliki komunikasi yang efektif, selalu siap dalam beradaptasi dan pandai dalam mengelola perubahan ke arah yang lebih baik.

Keempat berani mengambil keputusan yang tepat, menjalankan tugas dengan baik dan berorientasi hasil.

Mempunyai kemampuan sesuai dengan jabatan yang diemban atau kompetensi teknis, serta mempunyai jiwa sosial dan terbuka dalam perbedaan (sosio kultural).

6. Apa pendapat anda tentang Pancasila sebagai Dasar Negara dan implementasi pekerjaan anda terhadap hal tersebut? Salah satu pertanyaan terkait soal wawancara PPPK tenaga teknis 2023 dan seleksi lainnya.

Pancasila menjadi dasar dari pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia termasuk Perppu.

Saya juga akan ikut berperan menjadi bagian terdepan dalam menanamkan nilai nilai pancasila kepada sesama dan memberikan teladan kepada mereka untuk bertindak sesuai dengan nilai pancasila.

7. Apa pendapat Anda tentang lagu Indonesia Raya

Lagu Indonesia raya adalah lagu kebangsaan bagi negara indonesia.

Lagu Indonesia Raya adalah gambaran perasaan nasional yang memiliki makna salah satunya menggambarkan semangat dan cita-cita bangsa Indonesia yang tertulis dalam lirik demi lirik lagu.

Lagu Indonesia adalah termasuk identitas nasional. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga terhadap lagu indonesia dan senantiasa menjiwai apa yang terkandung di dalamnya.

Mencintai lagu Indonesia merupakan bagian dari cinta tanah air dan rasa nasionalisme kita.

8. Jelaskan apa pancasila menurut anda? Pertanyaan menjadi salah satu soal wawancara PPPK tenaga teknis 2023 yang biasa ditanyakan dalam seleksi tes psikotes CPNS.

Pancasila menjadi ideologi negara indonesia yang merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Adapun Ideologi utama penyusun Pancasila ada lima sila yang menjadi pedoman hidup berbangsa dan bernegara.

Kelima sila itu adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kelima sila tersebut semuanya telah tercantum pada alinea keempat pada pembukaan UUD 1945.

Selain itu, Pancasila adalah dasar negara indonesia, yang mana seluruh pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah negara Indonesia termasuk peraturan perundang undangan merupakan mencerminkan dari nilai-nilai Pancasila.

Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa indonesia bahwa semua aktivitas kehidupan bangsa Indonesia sehari-hari harus sesuai dengan Pancasila.

Demikian contoh soal wawancara PPPK tenaga teknis 2023 dan soal psikotes CPNS 2023 sekitar Pancasila dan motivasi menjadi PPPK.***

Editor: Alkuin Meydalyan/ayobandung