Hal Yang Harus Dilakukan Tenaga Honorer Agar Jadi ASN 2023

Info Tenaga Honorer: MenpanRB Kebut Detilkan Opsi untuk Selesaikan Non ASN, Sudah Disepakati?
Info Tenaga Honorer: MenpanRB Kebut Detilkan Opsi untuk Selesaikan Non ASN, Sudah Disepakati? /youtube.com/Kementerian PANRB 
 Pemerintah akan menghapus tenaga honorer pada tanggal 28 November 2023 yang akan datang.

 Tenaga honorer sendiri sudah tidak diperbolehkan bekerja di instansi pemerintah pusat dan daerah sebagai pegawai pemerintah.

Kini, tenaga honorer hanya bisa berharap kepada pemerintah agar mengeluarkan solusi yang menggunakan hati dan kemanusiaan.

Banyak diantara tenaga honorer yang sudah bekerja dan mengabdi puluhan tahun kini harus dihapus dan diberhentikan begitu saja.

MenpanRB sendiri menjelaskan pemerintah tidak tinggal diam dan melihat honorer dihapus begitu saja.

Pemerintah sendiri sudah mempunyai beberapa opsi solusi yang diberikan kepada tenaga honorer.

Lantas solusi apa yang diberikan oleh pemerintah kepada jutaan tenaga honorer ?

Simak terus artikelnya sampai habis karena kamu akan menemukan jawabannya di artikel ini.

Solusi Pemerintah 

Dengan tidak lagi dipekerjakan tenaga honorer, pegawai pemerintah yang bekerja kini hanya ada dua kategori saja, yaitu PNS dan PPPK.

Dengan adanya peraturan tersebut, pemerintah berharap banyak tenaga honorer yang bisa menjadi ASN lewat seleksi CASN 2023 yang akan segera dibuka oleh pemerintah.

Pemerintah sudah akan resmi membuka CASN 2023 yang dibuka untuk umum dan bisa diikuti oleh tenaga honorer.

Dalam CASN 2023 ini, tenaga honorer mendapatkan prioritas dan peluang paling besar untuk diangkat menjadi ASN.

Misalnya saja untuk lowongan PPPK, pemerintah memprioritaskan tenaga honorer dari sektor pendidikan dan kesehatan untuk direkrut banyak menjadi PPPK.

Banyaknya honorer guru dan kesehatan yang direkrut semata-mata untuk memenuhi pelayanan dasar yang ada di setiap daerah Indonesia.

Tentu hal ini menjadi peluang dan kesempatan bagi tenaga honorer bisa menjadi ASN tahun ini karena pemerintah lewat MenpanRB sudah memastikan kalau formasi PPPK akan diisi oleh banyak tenaga honorer.

Khususnya lagi tenaga honorer dari sektor pendidikan dan kesehatan yang mendapatkan prioritas untuk menjadi ASN tahun ini. 

Bisa dibilang, tahun 2023 merupakan kesempatan terakhir para tenaga honorer diangkat menjadi ASN sebelum dilakukan kebijakan penghapusan oleh pemerintah.

Tenaga honorer sendiri sudah bisa mulai bersiap dari sekarang untuk mengikuti tes wawancara, tes kompetensi, tes psikotes sampai menyiapkan berkas-berkas administrasi. ***

Editor: Calvin Natanael

Sumber: menpan.go.id