Update Pengumuman PPPK Guru 2022 dari BKN dan Kemdikbud

Ilustrasi Update Pengumuman PPPK Guru 2022 dari BKN dan Kemdikbud
Ilustrasi Update Pengumuman PPPK Guru 2022 dari BKN dan Kemdikbud /Freepik/tirachardz Pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022 dari Kemdikbud telah diundurkan dari jadwal yang semula direncanakan.
Banyak para guru dan masyarakat umum lainnya yang menantikan hasil pengumuman seleksi PPPK guru 2022 yang awalnya direncanakan akan diumumkan pada 2-3 Februari 2023.
Namun, Kemdikbud yang tergabung dalam Panselnas telah menunda pengumuman seleksi PPPK guru 2022 tersebut.

Sebelumnya, pengumuman hasil seleksi PPPK guru 2022 akan diumumkan dengan berdasarkan pada surat yang dikeluarkan Plt. Kepala BKN dengan nomor: 35846/B-KS.04.01/SD/K/2022.

Perihal dari surat yang dirilis pada tanggal 30 Oktober 2022 tersebut, adalah tentang perekrutan jadwal penerimaan PPPK Guru Tahun 2022 yang diumumkan oleh Kemdikbud.

Pengumuman tersebut juga didasarkan pada surat edaran Kemenpan RB dengan nomor B/2223/M.SM.01.00/2022 perihal jadwal pelaksanaan seleksi PPPK Guru Tahun 2022.

Perlu diketahui bahwa pada tanggal 31 Oktober sampai dengan 13 November 2022, pendaftaran PPPK 2022 telah dibuka dan peserta dapat mendaftar melalui portal https://sscasn.bkn.go.id.

Selanjutnya, pada 31 Oktober hingga 15 November 2022 telah diadakan jadwal seleksi administrasi, yang pengumuman hasilnya dilaksanakan pada 16 - 17 November 2022.

Setelah semua proses tersebut selesai, maka direncanakan pengumuman hasil seleksi bagi pelamar kategori P1,P2, P3, dan pelamar umum adalah di tanggal 3 Februari 2023.

Namun belakangan muncul berita penundaan pengumuman tersebut lewat website https://gurupppk.kemdikbud.go.id.

Isi dari berita tersebut adalah "Pengumuman Hasil Seleksi Ditunda Sampai dengan Pemberitahuan Lebih Lanjut".

Seiring dengan adanya berita penundaan tersebut, maka banyak masyarakat dan pelamar yang mempertanyakan kepastian tanggal pengumuman PPPK guru 2022.

Terdapat sebuah pertanyaan yang ditujukan kepada Suharmen yang menjabat sebagai Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, seperti dilansir dari YouTube Abu Bakar.

Pertanyaan yang diajukan tersebut mempertanyakan tentang tanggal pengumuman penempatan PPPK guru.

Pertanyaan tersebut dijawa Suharmen dengan mengatakan bahwa dirinya tidak mengetahui tentang hal itu dan meminta agar pertanyaan tersebut diajukan kepada Kemendikbud (Ditjen GTK).

Hal itu karena, menurut Suharmen, Kemendikbud adalah pihak yang berwenang untuk melakukan pengolahan data.

Suhermen menambahkan bahwa sampai saat ini BKN belum menerima hasil pengolahan data tersebut dari Kemdikbud.

“Kemdikbud pernah menyampaikan data ke BKN, tetapi data tersebut tidak sesuai dengan data yang ditetapkan oleh KemenpanRB, " kata Suharmen.

Pertanyaan serupa juga diajukan kepada Profesor Dr. Nunuk Suryani, M. Pd., yang saat ini menjabat sebagai Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud Ristek.

Menanggapi pertanyaan tersebut Nunuk menyatakan bahwa saat ini Kemdikbud tengah bekerja keras untuk masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi kementerian tersebut.

Nunuk menjelaskan tentang masih adanya beberapa formasi yang kosong yang sbenarnya dapat dioptimalkan oleh pelamar P1, P2, P3 dan pelemar umum.

Nunuk menegaskan bahwa jika telah diumumkan nanti, maka tidak akan ada pengumuman kelulusan susulan untuk PPPK guru 2022.

Oleh karena itu, konsolidasi dan keputusan bersama harus dilakukan oleh berbagai pihak terkait seperti Kemenpan RB, BKN, dan anggota Panselnas lainnya.

“Harap para peserta seleksi (baik P1 hingga umum) yang sudah ada kabar kelulusan (notifikasi penempatan), bersabar sedikit,”ujar Nunuk.

“Untuk mendukung nasib guru-guru lainnya yang masih kurang beruntung. Kita semua harus bersama-sama, tidak bisa terpecah belah, " lanjutnya.***

Editor: Rita Azlina