700 Ribu Formasi PPK Dibuka 2023 Tahun Depan 1 Juta Kata Menteri PAN-RB

Para calon PNS mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Wali Kota Jaksel. Ada ribuan peserta yang mengikuti tes ini.
Foto: Grandyos Zafna

Menteri PAN-RB Azwar Anas menyiapkan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) baru untuk tahun ini dan tahun depan. Jutaan formasi akan disiapkan Kementerian PAN-RB.

Tahun ini, pihaknya akan menyiapkan 700 ribu formasi PPPK khusus untuk tenaga kesehatan dan pendidikan. Namun, sampai saat ini yang baru diajukan kementerian lembaga, khususnya di daerah hanya 400 ribu saja.

Pihaknya pun meminta agar kementerian dan lembaga di daerah mempercepat usulan formasi untuk penerimaan PPPK di tahun ini.

"Kemarin disiapkan 700 ribu formasi bagi kesehatan dan pendidikan. Yang terserap dan diusulkan daerah cuma 400 ribu. Nah kami harap daerah usulkan PPPK dari daerah," jelas Azwar Anas usai melakukan Rapat Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (2/3/2023).

Nah di tahun 2024, pihaknya menyatakan akan kembali membuka penerimaan PPPK baru lagi sebanyak 1 juta lebih formasi. Yang membedakan kemungkinan 1 juta formasi baru yang dibuka tahun depan tidak terbatas pada tenaga pendidikan dan kesehatan saja.

"Kami ajukan 1 juta lebih formasi untuk 2024. Tenaga non ASN tentu tidak hanya guru dan kesehatan di berbagai tempat banyak juga," tegas Anas.(hal/zlf detik