Progres Terbaru Soal Kabar Pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru 2022

 Dengan adanya audiensi bersama perwakilan forum guru, bersama Kemendikbud dan BKN, pengumuman hasil Seleksi PPPK Guru 2022 sudah mulai menemukan kejelasan.

Dengan adanya audiensi bersama perwakilan forum guru, bersama Kemendikbud dan BKN, pengumuman hasil Seleksi PPPK Guru 2022 sudah mulai menemukan kejelasan. /YouTube KEMENDIKBUD RI/
- Ada beberapa informasi penting terkait pelaksanaan pengumuman Seleksi PPPK Guru 2022.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud dan Badan Kepegawaian Negara atau BKN memberikan informasi penting terkait Seleksi PPPK Guru 2022, setelah mengadakan rapat dengan Panitia Seleksi Nasional Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara atau Panselnas pada 27 Februari 2023 yang lalu.
Rapat tersebut juga membahas tentang pemenuhan optimalisasi 2100 guru yang akan diperjuangkan sebelum pengumuman Seleksi PPPK Guru 2022 secara keseluruhan.

Artinya masih ada optimalisasi terhadap peserta Seleksi PPPK Guru 2022 yang membutuhkan waktu tambahan untuk mengumumkannya.

Dalam hal ini, Kemendikbud, BKN serta pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) bersama forum-forum guru di Kabupaten Garut melakukan audiensi terkait dengan penundaan pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru 2022.

Audiensi ini menghasilkan beberapa kabar penting, sebagaimana yang dilansir dari channel YouTube Abu Bakar, 1 Maret 2023. Kabar-kabar tersebut berkenaan dengan pengumuman penetapan formasi mengalami kemunduran jadwal dikarenakan Kemendikbud sedang mengusulkan kepada pasangan untuk membuka regulasi untuk mengisi kesediaan formasi dari P1 sebanyak 2100 orang.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa sejauh ini belum ada pengumuman Hasil Seleksi PPPK Guru 2022. Dari iya Kemendikbud meminta maaf atas penundaan pengumuman tersebut.

Kemendikbud juga menyarankan kepada sebagian anggota yang sudah dinyatakan lulus, untuk mempersiapkan pemberkasan.

Selain itu, nantinya akan diadakan rapat koordinasi (rakor) antara Kemendikbud dan Kemenpan RB yang akan membahas soal kuota PPPK untuk tahun 2023.

Bagi anggota yang belum mengikuti tes ataupun yang belum lulus tes PPPK dapat mengajukan diri kembali. Selain itu, dalam rakor tersebut juga akan membahas honorer yang ada di Kabupaten Garut.

Di video tersebut juga dijelaskan mengenai terbitnya surat keputusan (SK). Dalam hal ini yang diberi wewenang adalah Pemkab Garut.

Sementara itu, Kemenpan RB sedang melaksanakan rapat pimpinan dengan lembaga yang berada di bawah naungan Menpan RB guna membahas tentang penyelesaian masalah honorer dari berbagai instansi, termasuk guru.

Tidak hanya itu, di dalam rapat pimpinan tersebut juga membahas soal penyesuaian guru honorer non fungsional, operator serta Pramu Kelas.

Sebagai informasi pada hari Senin tanggal 27 Februari 2023, beberapa perwakilan forum guru melakukan aksi damai di kota Garut karena ketidakjelasan pengumuman hasil Seleksi PPPK Guru 2022.***

Editor: Egia Astuti Mardani/prsoloraya