2 Tips Sebelum Daftar CPNS 2023 yang Akan Dibuka September

 Ilustrasi Foto CPNS

Ilustrasi seleksi administratif CPNS/Foto: Fadhly F Rachman

Lowongan CPNS 2023 dan PPPK akan dibuka September mendatang. Siapa nih yang sudah ancang-ancang untuk mendaftar?

Jika lowongan tersebut akan dibuka September mendatang, itu artinya detikers masih punya waktu sekitar sebulan lebih untuk mempersiapkan semuanya dengan matang, sebagai upaya memperbesar peluang lolos.

Berikut ini dua tips yang bisa dilakukan sambil menunggu lowongan CPNS 2023 dibuka

Tips Sebelum Daftar CPNS 2023 yang Akan Dibuka September:

1. Jangan Sepelekan Syarat Administratif

Tidak sedikit pendaftar yang gugur dalam seleksi administratif. Maka dari itu, detikers jangan pernah menyepelekannya.

detikers harus benar-benar memahami dan memenuhi semua persyaratan untuk mengikuti tes CPNS. Seperti yang pernah disampaikan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Mudzakir menjelang CPNS 2018.

"Ya memperhatikan persyaratan administratifnya. Itu kan bisa dirujuk dari tahun sebelumnya. Tapi intinya akan diumumkan secara lebih detail lagi oleh BKN (Badan Kepegawaian Negeri)," kata Mudzakir saat dihubungi detikFinance, Jumat (3/8/2018).

Menurutnya, menyiapkan semua persyaratan administratif sama pentingnya dengan menyiapkan diri untuk mengikuti tes CPNS itu sendiri. Sebab jika persyaratan administratif tidak terpenuhi, maka pendaftar tidak bisa mengikuti tes CPNS.

"Kasusnya bermacam-macam ya, tetapi intinya kan nanti ada persyaratan administrasi, terus nanti ada tesnya. Intinya nanti diperhatikan saja, oleh BKN apa saja persyaratan yang diperlukan. Ini informasi kelengkapan juga bisa dicek ke BKN," jelasnya.

2. Ikut Bimbel Khusus CPNS

detikers yang sudah bertekad atau bercita-cita menjadi ASN pasti sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti tes CPNS. Mulai dari latihan mengerjakan soal CPNS dan lain-lain.

Namun tak ada salahnya untuk mengikuti bimbel khusus CPNS. Harapannya, detikers mendapatkan pemahaman baru dan semakin percaya diri untuk bersaing dalam CPNS 2023.

Dengan ikut bimbel, harapannya detikers juga bisa menakar kemampuan, dan peluang yang dimiliki. Sehingga bisa mempersiapkan diri lebih matang lagi untuk memperbesar peluang lolos.

CPNS dan PPPK 2023

Mengutip detikFinance, lowongan CPNS dan PPPK akan dibuka mulai September 2023 seperti yang disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas.

"September nanti, kan ini masih divalidasi dan seterusnya," kata Anas saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (11/7/2023).

Ada 1.030.751 formasi yang akan dibuka. Satu juta lebih formasi tersebut tersebar di berbagai kementerian/lembaga (KL) dan pemerintah daerah (Pemda).

Di mana 80 persen formasi untuk mengakomodir tenaga honorer menjadi PPPK. Sementara 20 persen sisanya untuk fresh graduate yang ingin menjadi ASN.

(sun/iwd)detik