Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA, S1 Fresh Graduate dan S2

 Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA

Formasi CPNS 2023 Lulusan SMA
Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dilakukan dengan beberapa formas yang tersedia pada tahun 2023 ini.

Selain formasi untuk sekolah kedinasan, ada juga formasi untuk lulusan SMA, S1 fresh graduate, dan S2.

Pendaftaran CPNS 2023 akan dilaksanakan pada bulan September mendatang dan akan dibuka untuk umum.

Meskipun pendaftaran CPNS 2023 terbuka untuk umum, formasi yang tersedia sangat terbatas.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB) telah mengajukan usulan formasi CPNS 2023 kepada Presiden Joko Widodo, namun kuota formasi tersebut belum ditetapkan oleh pihak Kemenpan-RB.

Dari total 1.030.751 lowongan yang tersedia untuk CPNS 2023, sekitar 80 persen akan disediakan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), sementara 20 persen lainnya akan diberikan untuk fresh graduate pada rekrutmen CPNS 2023.

Berbagai bidang lowongan atau formasi CPNS 2023 yang tersedia meliputi bidang kejaksaan, kehakiman, intelijen, dosen, serta bidang teknis lainnya.

Salah satu formasi CPNS 2023 yang diperuntukkan bagi sekolah kedinasan adalah bidang Intelijen, di mana Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) merupakan satu-satunya sekolah kedinasan yang menyiapkan calon anggota masyarakat intelijen.

Selain itu, CPNS 2023 juga membuka kesempatan untuk lulusan SMA, S1, dan S2 di berbagai bidang lain seperti Pendidikan, Ilmu Hukum, Kedokteran, Matematika dan Statistika, Ilmu Komputer, Administrasi Publik, Kesejahteraan Sosial, Manajemen, dan Desain Komunikasi Visual.

Jurusan-jurusan tersebut memiliki potensi untuk lulusan yang ingin mendaftar dalam rekrutmen CPNS 2023.

Beberapa jurusan yang berpotensi mendapatkan peluang dalam rekrutmen CPNS 2023 antara lain adalah sebagai berikut:

1. Jurusan Pendidikan, termasuk jurusan matematika, fisika, Bahasa Indonesia, dan lainnya, yang menjadi jurusan prioritas sebagai tenaga pendidik.

2. Jurusan Ilmu Hukum, yang menjadi salah satu jurusan prioritas dan diminati oleh banyak instansi pemerintahan. Jurusan Hukum memiliki dua bidang utama, yaitu Hukum Pidana dan Hukum Perdata.

3. Jurusan Kedokteran, yang menjadi prioritas baik pada rekrutmen CPNS maupun PPPK 2023. Jurusan ini memiliki peran penting dalam dunia kesehatan dan menjadi salah satu pilihan favorit untuk C ASN 2023.

4. Jurusan Matematika dan Statistika, yang termasuk dalam bidang talenta digital dan dibutuhkan oleh instansi pemerintah dan perusahaan swasta. Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan dalam pengumpulan, analisis, dan penyajian data serta layak untuk menjadi data analyst.

5. Jurusan Ilmu Komputer, yang menawarkan beragam teori dan konsep dalam ilmu komputer hingga pengembangan perangkat lunak. Jurusan ini memiliki cakupan ilmu komputer yang luas dan sangat dibutuhkan dalam rekrutmen CPNS 2023.

6. Jurusan Administrasi Publik, yang mempelajari tentang sistem pemerintahan, pembuatan kebijakan, dan implementasi serta evaluasi kebijakan tersebut.

7. Jurusan Kesejahteraan Sosial, yang mengkaji cara meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kebijakan-kebijakan pengentasan kemiskinan, peningkatan kesehatan, pengelolaan fasilitas kesejahteraan, dan sebagainya.

8. Jurusan Manajemen, yang sering dibutuhkan dalam instansi seperti Kementerian Hukum dan HAM. Jurusan ini menawarkan berbagai formasi, termasuk jabatan terampil pranata keuangan APBN.

9. Jurusan Desain Komunikasi Visual, yang menjadi prioritas CPNS 2023 karena relevansinya dalam dunia digital.

Lulusan jurusan ini memiliki kemampuan untuk mengoperasikan berbagai perangkat lunak desain seperti Photoshop, Illustrator, Corel Draw, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa jurusan yang memiliki peluang dalam rekrutmen CPNS 2023. Para pencari kerja yang berminat untuk mengikuti seleksi CPNS 2023 diharapkan mempersiapkan diri.

Editor: Hartanto Ardi Saputra/ayobandung