Lowongan CPNS-PPPK 2023 Dibuka September uota Fresh Graduate 20%

cpns
Ilustrasi/Foto: Luthfy Syahban/detik

Pemerintah akan membuka lowongan calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang terdiri dari pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2023. Rekrutmen dibuka mulai September 2023.

Hal itu dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas. Saat ini proses rekrutmen CPNS dan PPPK 2023 masih dalam tahap validasi data.

"September nanti, kan ini masih divalidasi dan seterusnya," kata Anas saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (11/7/2023).

Lowongan CPNS dan PPPK 2023 akan dibuka untuk 1.030.751 formasi yang tersebar di berbagai kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (pemda). Komposisinya 80% untuk mengakomodir tenaga honorer menjadi PPPK dan 20% sisanya diberikan kesempatan untuk fresh graduate menjadi ASN.

Anas menyebut komposisi fresh graduate dalam pendaftaran ASN akan terus ditingkatkan.

"Ini untuk mengakomodir harapan publik terkait dengan fresh graduate untuk bisa ditampung di ASN, supaya tidak hanya menyelesaikan honorer. Di sisi lain honorer kita prioritaskan karena mereka telah mengabdi kepada layanan publik di pemerintah pusat dan daerah," ujar Anas.

Sebelumnya seleksi CPNS dikabarkan akan dibuka pada Juni 2023. Sayangnya perhitungan formasi kementerian/lembaga yang belum rampung membuat jadwal tersebut harus mundur.

"Ini kan kita ada hitungnya banyak ya, kita nunggu instansi-instansi pembina dengan BKN. Ada di Diknas, ada juga di kementerian lain, kita hitung sehingga mana yang urgent dan menjadi prioritas," kata Anas.

(aid/eds)detik