PPPK 2022 Gajian Tiap Tanggal 1 dan Uang Pensiun yang Totalnya Bisa 1 Miliar

Ilustrasi pegawai PPPK
Ilustrasi pegawai PPPK /katemangostar/Freepik
BKN telah menunjukkan progress NI PPPK tenaga teknis per 16 Juli bagi calon PPPK tenaga teknis 2022 per 17 Juli hari ini lewat unggahan feeds Instagram. Sebagaimana data mengenai progress NI PPPK tenaga teknis menyangkut 51.103 calon PPPK tenaga teknis yang telah melakukan pengisian DRH.

Melalui, Instagram resminya @bkngoidofficial, BKN memperlihatkan sudah sejauh apa progres terbaru penetapan NI PPPK, termasuk bagi NI PPPK guru, PPPK nakes dan PPPK tenaga teknis.

Namun, untuk data yang dibagikan BKN melalui postingan instagram ini, adalah progress NI PPPK lingkup nasional.

Data dari BKN ini menunjukkan, hingga saat ini total usul yang disetujui untuk NI PPPK guru telah mencapai 223.244, sedangkan untuk NI PPPK nakes sebanyak 68.795 usul, dan terakhir usul yang disetujui untuk PPPK tenaga teknis yakni sebanyak 9.461.


Bagi calon PPPK guru yang telah mendapat NIP hingga hari ini per 17 Juli 2023, semuanya harus tahu mengenai pengangkatan bisa saja baru dilakukan hingga satu bulan setelah perolehan NIP.

Dalam hal pengangkatan baru dilakukan dan ditetapkan mulai bekerja pada tanggal 1 Agustus, maka gajiannya juga akan dibayarkan di bulan itu juga.

Namun, bagi calon PPPK yang diangkat dan mulai bekerja di pertengahan Agustus atau lebih dari itu, maka gaji dan tunjangannya akan dibayarkan pada awal bulan September 2023.

Sebagaimana disebutkan oleh Rajma Tri Handoko, Subkoordinator Pengadaan ASN di BKD Jatim, bagi PPPK yang mulai bekerja di tanggal 2 atau lebih, maka gajinya akan dirapel pada bulan berikutnya.


Bagi yang bekerja mulai tanggal 1 bulan berkenaan, maka gajinya juga akan dibayarkan pada tanggal 1 tersebut. Sementara yang mulai bekerja pada tanggal 2 dan seterusnya, gajinya akan dirapel di bulan berikutnya.

“Karena njenengan ini masuknya tanggal 2, maka kemungkinan akan dirapel di bulan Juni. Jadi, bulan Juni nanti akan menerima 2 gaji sekaligus,” jelas Rajma.

Rajma pun juga menjelaskan pembayaran gaji bagi PPPK adalah setiap tanggal 1 di bulan berkenaan, “Nanti, gajinya akan diterima di tanggal 1. Jadi, gajian dulu baru kerja.”

Lalu, karena para PPPK ini baru diangkat di tahun ini atau lebih tepatnya melalui pengadaan PPPK 2022, maka bisa disebut para calon PPPK yang hendak diangkat dan PPPK yang sudah diangkat ini adalah ASN milenial.


Surat terbuka bagi para ASN milenial, termasuk juga CPNS 2023 dan PPPK 2023 yang nanti akan direkrut di tahun ini, akan diberikan hadiah berupa mendapat sejumlah uang pensiun hingga 1 miliar.

Berita ini didapatkan melalui Kanreg 10 BKN Denpasar, yang mengatakan bahwa sekarang para ASN milenial dapat menentukan sendiri jumlah uang Taspen yang bisa didapatkannya.

PT. Taspen sebagai pihak yang membayarkan uang pensiun bagi pensiunan ASN, mengatakan bahwa saat ini ASN dapat menentukan sendiri jumlah uang pensiun yang diterimanya.

Perwakilan dari PT. Taspen sendiri, Hasan yang mana dengan jabatan sebagai Manajer Layanan menjelaskan para pensiunan bisa mendapat uang taspen sebesar 300 juta, 500 juta, atau bahkan 1 miliar menggunakan sistem top up.


Melalui sistem top up pensiunan ASN dapat menginvestasikan sejumlah potongan gajinya pada JHT (jaminan hari tua). Semakin besar jumlah yang di-top up pada JHT, maka akumulasi untuk uang pensiunnya juga akan semakin besar.

“Dengan top up jaminan hari tua,” ucap Hasan. “Apalagi kalau masa kerjanya masih panjang, kalau masih panjang otomatis kan sejak jadi CPNS kalau diikutsertakan dalam top up saat naik pangkat dia bisa lakukan top up dengan nominal yang lebih besar.”

Hasan juga berujar, bahwa saat ASN tersebut telah pensiun, maka tidak perlu repot mengklaim karena akan jadi satu paket dengan uang taspen dan sekaligus uang top up.

Tak cuma itu, Hasan menerangkan, para ASN kini sudah bisa melihat sendiri jumlah uang pensiun yang akan diterimanya nanti melalui link berikut https://tos.taspen.co.id, dan cari opsi “ESTIMASI HARI TUA” dan kemudian tinggal memasukkan nomor NIK.


Para PPPK 2022 pasti senang dengan pengumuman tentang uang pensiun bagi para ASN milenial ini, mengingat masa kerjanya juga masih panjang.

Perihal pembayaran gaji tiap tanggal 1 dan jumlah uang pensiun yang mencapai ratusan juta bahkan 1 miliar menjadi surprise yang istimewa bagi para PPPK 2022.***

Editor: Anbari Ghaliya/prsoloraya