Formasi CPNS 2023 Dibuka September, Fresh Graduate Bertalenta Digital

Ilustrasi SDM Digital
Foto: Dok. Shutterstock

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas mengatakan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka September 2023. Formasi CPNS 2023, fresh graduate dan talenta digital akan diutamakan.

"September nanti, kan ini masih divalidasi dan seterusnya," kata Anas di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (11/7/2023) lalu

PNS Fresh Graduate Ditingkatkan, Honorer Prioritas

Saat ini proses rekrutmen CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 masih dalam tahap validasi data. Anas menyebut komposisi fresh graduate dalam pendaftaran ASN akan terus ditingkatkan.

"Ini untuk mengakomodir harapan publik terkait dengan fresh graduate untuk bisa ditampung di ASN, supaya tidak hanya menyelesaikan honorer. Di sisi lain honorer kita prioritaskan karena mereka telah mengabdi kepada layanan publik di pemerintah pusat dan daerah," ujar Anas.

Dilansir dari laman Kemenpan RB, Menteri Anas mengatakan, pemerintah juga mengutamakan talenta digital agar bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi masa depan.

"Fresh graduate itu kami utamakan yang talenta digital. Nantinya, fresh graduate ini akan sangat tinggi kualifikasinya untuk mengisi tempat-tempat yang dibutuhkan kementerian, lembaga, dan daerah. Jadi rekrutmen 2023 mengakomodasi teman-teman non-ASN yang sudah proses mengabdi kepada negara, serta teman-teman fresh graduate," jelas Menteri Anas.

Dia menambahkan, ada empat arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023. Pertama, fokus pelayanan dasar. Kedua, kebijakan memberi kesempatan rekrutmen talenta digital. Ketiga, merekrut CASN secara selektif. Keempat, mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital. Saat ini, pemerintah masih menganalisis jabatan mana saja yang bisa terdampak oleh perkembangan digital.

"Karena dunia digital berubah cepat, pemerintah juga harus cepat adaptasi," tegas Menteri Anas.

Formasi CPNS dan PPPK 2023

Rencana kebutuhan ASN secara nasional tahun 2023 ditetapkan formasi sebanyak 1.030.751 terdiri dari CPNS dan PPPK. Pemerintah pusat menetapkan 46.666 kebutuhan. Sedangkan pemerintah daerah 943.373 kebutuhan. Sementara itu, formasi CPNS dari sekolah kedinasan sebesar 6.259. Komposisinya 80% untuk mengakomodir tenaga honorer menjadi PPPK dan 20% sisanya diberikan kesempatan untuk fresh graduate menjadi ASN.

Pengadaan CASN 2023 mempertimbangkan sejumlah variabel tertentu, seperti indikator jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM untuk mendukung program strategis nasional, termasuk letak geografis dan kemampuan anggaran.

(nwk/twu)detik