8 Instansi yang Buka Lowongan CPNS untuk Lulusan SMA

 Exam with school student having a educational test, thinking hard, writing answer in classroom for  university education admission and world literacy day concept

Ilustrasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA. Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong

Pemerintah membuka penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2023. Tak hanya sarjana, delapan instansi buka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk lulusan SMA sederajat.

Hal ini sesuai Keputusan Kepala BKN Nomor 12 Tahun 2002 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS Sebagaimana Telah Diubah dengan PP Nomor 12 Tahun 2002.


Ilustrasi tes CPNSIlustrasi tes CPNS/ Foto: Ilustrasi/Luthfy Syahban

Lowongan CPNS 2023 untuk SMA:

Pendaftaran CPNS 2023 masih dibuka hingga 6 Oktober. Pemerintah memberikan kesempatan kepada calon pelamar yang hanya lulusan SMA sederajat. Tertarik melamar?

1. Kementerian Hukum dan HAM

Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membuka total 4.588 formasi CPNS dan PPPK. Adapun lulusan SMA/SMK terdapat dua formasi jabatan untuk dipilih sebagai berikut.

  • Penjaga Tahanan: 3.876 Formasi
  • Pemeriksa Keimigrasian: 95 Formasi

2. Kejaksaan Agung

Kejaksaan Agung membuka kesempatan bagi lulusan SMA untuk mengikuti seleksi CPNS. Terdapat dua jabatan yang bisa dipilih para lulusan SMA di instansi ini. Di antaranya sebagai berikut.

  • Pengawal tahanan: 1.000 Formasi
  • Administrasi penanganan perkara: 1.000 Formasi

3. Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan salah satu instansi yang memberikan peluang bagi lulusan SMA. Beberapa posisi yang ditawarkan meliputi sebagai berikut.

  • Bidang penerbangan
  • Teknisi penelitian dan pengembangan
  • Petugas pertolongan kecelakaan penerbangan
  • Petugas pemadam kebakaran

4. Badan SAR Nasional

Basarnas juga membuka lowongan CPNS untuk lulusan SMA. Para peserta yang lolos akan ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

5. Badan Intelijen Negara

Instansi berikutnya Badan Intelijen Negara (BIN) yang membuka peluang untuk lulusan SMA sederajat. BIN membuka sebanyak 77 formasi dengan unit penempatan berbeda.

Adapun dua posisi yang dibutuhkan sebagai berikut.

  • Administrasi Rekam Medis dan Informasi
  • Pramu Laboratorium

6. Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan memberikan kesempatan bagi lulusan SMA sederajat untuk mengikuti seleksi CPNS 2023. Adapun posisi yang dibuka yaitu sebagai berikut.

  • Pengemudi Ambulans
  • Kataloger Pemula

7. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga membuka peluang bagi lulusan SMA sederajat. Posisi yang dibutuhkan di sektor kehutanan dan pertanian.

8. Kementerian Pertanian

Instansi terakhir ialah Kementerian Pertanian yang membuka lowongan CPNS 2023 untuk lulusan SMA sederajat. Namun, tenaga kerja yang disediakan untuk lulusan ini masih belum ada.

Itulah delapan instansi yang membuka lowongan CPNS 2023 bagi lulusan SMA. Semoga artikel ini bermanfaat buat sobat ya!

(irb/sun)detik