Kata BKN Soal Pendaftaran CPNS Sebenarnya Tidak Gratis

Ilustrasi CPNS 2024. Tanggal berappa cpns 2024 dibuka. Info cpns dan pppk 2024. Link pendaftaran cpns 2024. sscasn 2024.

Ilustrasi CPNS 2024. Tanggal berappa cpns 2024 dibuka. Info cpns dan pppk 2024. Link pendaftaran cpns 2024. sscasn 2024.(uns.ac.id) Media sosial X diramaikan dengan unggahan bernarasi pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebenarnya tidak gratis.

Menurut warganet, pendaftaran CPNS tidak gratis karena pelamar masih harus membayar biaya pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), e-meterai, surat keterangan atau bebas narkoba.

Selain itu, mereka juga mengeluarkan duit untuk mengurus surat keterangan sehat dan body mass index (BMI), sertifikat komputer, dan alat tulis kantor.

Jika ditotal, keperluan-keperluan tersebut memakan biaya sekitar Rp 536.000.

Wrk! Siapa sih yg blg CPNS gratis? Ttp aja harus keluar uang segini banyaknya buat administrasi doang, blm lg ongkos kalo tes. Udh keluar stgh juta msh blm tentu keterima jg,” ujar warganet melalui akun @workfess, Kamis (13/6/2024).

Lantas, bagaimana tanggapan Badan Kepegawaian Negara (BKN) soal klaim warganet bahwa pendaftaran CPNS sebenarnya tidak gratis? Simak yang berikut ini.

Tanggapan BKN

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Vino Dita Tama, mengatakan bahwa ketentuan melampirkan keterangan suket, SKCK, dan dokumen lain biasanya dilakukan saat pemberkasan.

Hal tersebut dilampirkan ketika peserta sudah mendapat hasil kelulusan seleksi CPNS.

Ia menyampaikan, persyaratan SKCK, surat keterangan bebas narkoba, dan lain sebagainya merupakan hal yang lumrah ketika seseorang melamar pekerjaan.

Hal tersebut tidak hanya berlaku di instansi pemerintahan, tapi juga perusahaan swasta dan badan usaha milik negara (BUMN).

“Ada baiknya dilakukan riset terlebih dahulu terkait hal itu sebelum ditanyakan lebih lanjut,” ujar Vino ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (14/6/2024).

Meski pelamar perlu membayar pengurusan sejumlah dokumen, Vino memastikan penyelenggaraan seleksi calon aparatur sipil negara (CASN), seperti pendaftaran di portal atau ujian Computer Assisted Test (CAT) tidak dipungut biaya.

Tanggal berapa CPNS 2024 dibuka?

Vino menyampaikan, pendaftaran CPNS 2024 masih menunggu keputusan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Kendati demikian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, bukaan CPNS 2024 akan digelar pada Juni atau Juli 2024.

Anas belum merinci tanggal berapa CPNS 2024 dibuka, namun ia mengatakan, pendaftaran CPNS akan dibuka setelah instansi menerima Surat Keputusan Menpan-RB terkait penetapan kebutuhan atau formasi pegawai aparatur sipil negara (ASN).

Jika instansi sudah mendapatkan SK penetapan tersebut, mereka bisa berkoordinasi dengan BKN untuk pengumuman lowongan formasi dan persiapan seleksi 2024.

Anas berharap, sudah ada kepastian waktu dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk proses pendaftaran CPNS 2024, pada awal Juli.

“Namun, untuk kepastian jadwal pengumuman oleh instansi, pendaftaran, dan seleksi, masih dinamis mengikuti perkembangan yang ada,” ujar Anas dalam keterangan resmi , Jumat (3/5/2024).

Formasi CPNS 2024

Lebih lanjut, Anas menjelaskan jumlah formasi CASN 2024 sebanyak 1,2 juta untuk memenuhi kebutuhan ASN sejumlah 2,3 secara bertahap.

Dari 1,2 juta formasi CASN yang ditetapkan pada tahun ini, 427.650 formasi diperuntukkan bagi instansi pusat dan 862.174 formasi untuk instansi daerah, termasuk talenta digital yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Seleksi PPPK menjadi fokus utama pemerintah untuk melakukan penataan pegawai non-ASN di instansi pemerintah,” kata Anas dalam keterangan resmi , Rabu (5/6/2024).kompas