Kata BKN Tentang Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka

Ilustrasi tes CPNS. Pembukaan pendaftaran CPNS 2024.
Ilustrasi tes CPNS. Pembukaan pendaftaran CPNS 2024.(DOK. Kemenpan-RB) Pemerintah menargetkan pembukaan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) pada Juni atau Juli 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah membuka lowongan 1.289.824 calon aparatur sipil negara (CASN) untuk mengisi formasi 2024.

Formasi tersebut terbagi menjadi 427.650 kebutuhan pada instansi pusat dan 862.174 formasi pada instansi daerah.

Jutaan formasi yang dibuka pada rekrutmen tahun ini pun sudah termasuk talenta digital yang akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pemerintah daerah.

"Untuk pelaksanaan seleksi CASN 2024, rencananya akan dilaksanakan mulai Juni atau Juli," ucap Anas di Jakarta, dilansir dari laman resmi, Jumat (3/5/2024).

Lantas, kapan pendaftaran CPNS 2024 akan dibuka?

Pendaftaran CPNS 2024 masih tunggu Kementerian PANRB

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Vino Dita Tama mengatakan, pihaknya masih menunggu pembukaan seleksi CPNS dari Kementerian PAN-RB.

"Terkait rencana pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK masih menunggu pembukaan resmi dari Kementerian PANRB," kata Vino , Rabu (5/6/2024).

Menurutnya, setelah pembukaan diumumkan, barulah BKN akan menyampaikan lebih lanjut jadwal tahapan seleksi CPNS dan PPPK 2024.

Pihaknya tidak menjelaskan lebih lanjut apakah pendaftaran kemungkinan akan dibuka pada Juni atau Juli tahun ini.

Dia hanya meminta untuk menunggu informasi resmi yang akan disampaikan selanjutnya.

"Silakan ditunggu informasinya," ujar Vino.

Sebagai informasi, saat ini pendaftaran CPNS telah dibuka untuk delapan sekolah kedinasan dengan alokasi 3.445 formasi.

Pendaftaran khusus lulusan SMA sederajat itu dibuka sejak 15 Mei 2024 dan akan ditutup pada 13 Juni 2024.

Formasi CPNS bisa cek di sscasn.bkn.go.id

Vino pun membenarkan, saat telah dibuka nanti, calon pelamar dapat melihat perincian formasi CPNS dan PPPK melalui portal ASN Karier dengan alamat sscasn.bkn.go.id.

"Betul. Sama seperti tahun lalu, perincian formasi akan tersedia di portal ASN Karier," kata Vino.

Simak cara mengecek formasi CASN berikut:

  • Buka situs https://sscasn.bkn.go.id
  • Halaman akan menampilkan fitur ASN Karier untuk melihat lowongan CPNS yang akan dibuka oleh setiap instansi pemerintah
  • Pilih tingkat pendidikan, baik SD, SMP, SMA, diploma, sarjana, master, doktor, atau tenaga kesehatan
  • Pilih program studi atau jurusan pendidikan
  • Masukkan nama instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS, baik kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah
  • Pilih jenis pengadaan, meliputi CPNS, PPPK guru, PPPK tenaga kesehatan, atau PPPK teknis
  • Klik "Cari".

Situs ASN Karier selanjutnya akan menampilkan daftar formasi CPNS atau PPPK yang tersedia sesuai tingkat pendidikan, jurusan, dan instansi yang dipilih.

Daftar formasi tersebut mencakup informasi jabatan, unit kerja, penghasilan atau gaji, serta jumlah kebutuhan.

Namun, data formasi yang tersedia saat ini masih merupakan kebutuhan pengadaan tahun anggaran 2023.

Vino berharap, kehadiran portal ASN Karier dapat membantu pelamar melihat lowongan yang tersedia.

"Tentunya hal ini diharapkan agar pelamar CASN dapat melihat lowongan formasi dari instansi pemerintah di seluruh Indonesia," tuturnya.

Diharapkan awal Juli sudah ada jadwal SKD

Sementara itu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan, pendaftaran CPNS dan PPPK akan dibuka setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan atau formasi pegawai ASN.

Setelah memperoleh surat keputusan penetapan tersebut, instansi pemerintah berkoordinasi dengan BKN untuk pengumuman lowongan formasi dan persiapan seleksi tahun ini.

Anas berharap, awal Juli sudah ada pengumuman mengenai waktu dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), tahapan tes pertama dalam seleksi CASN.

"Namun, kepastian jadwal pengumuman oleh instansi, pendaftaran, dan seleksi, masih dinamis mengikuti perkembangan yang ada," kata dia pada Mei lalu.

Perincian kebutuhan ASN sendiri telah disusun sejak 15-29 Maret 2024 dan diperpanjang hingga 30 April 2024.

Sayangnya, masih terdapat instansi yang belum selesai melakukan perincian usulan, khususnya instansi dengan alokasi formasi cukup besar.

Per awal Mei lalu, total 602 instansi pemerintah telah melakukan perincian ke dalam sistem layanan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN) milik BKN.

Dari usulan serta hasil verifikasi dan validasi oleh BKN, menghasilkan pemenuhan sumber daya manusia (SDM) talenta digital untuk penempatan di IKN sebanyak 2.906 dan talenta digital di pemerintah daerah sebanyak 19.817 formasi.

Sementara, SDM Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sebesar 794, terdiri atas 491 auditor dan 301 Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (P2UPD).

Anas juga merinci, total pemenuhan SDM yang akan ditempatkan di IKN sebanyak 71.643 formasi.

"Jumlah itu terdiri dari 14.114 CPNS dan 57.529 PPPK," papar Anas.kompas