Rincian Formasi CPNS 2024 untuk Instansi Pusat dan Daerah Lengkap

Exam with school student having a educational test, thinking hard, writing answer in classroom for  university education admission and world literacy day concept
Ilustrasi Lowongan CPNS dan PPPK. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong)

Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 telah secara resmi diumumkan oleh sejumlah instansi pemerintah. Rincian formasi CPNS 2024 ini terdiri dari instansi pusat dan daerah secara lengkap.

Sebagai informasi, formasi CPNS termasuk dalam bagian seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Selain pendaftaran CPNS, pada tahun 2024 direncanakan juga terdapat sejumlah formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan dibuka.

Merujuk dari laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), seleksi CASN 2024 dijadwalkan mulai dibuka pendaftarannya mulai bulan Juni atau Juli 2024. Terdapat sejumlah formasi yang tersedia, baik diperuntukkan bagi CPNS maupun PPPK. Bukan hanya itu, seleksi CASN 2024 juga membuka formasi di lingkup instansi pusat dan instansi daerah.

Lantas seperti apa rincian formasi CPNS 2024? Sebagai cara mengetahui informasi tersebut, detikJogja telah merangkum informasinya secara lengkap. Temukan penjelasannya melalui artikel berikut.

Daftar Formasi CPNS 2024

Masih merujuk dari sumber yang sama, formasi CASN 2024 yang dibuka pada tahun ini sebesar 1.289.824. Namun, total formasi 1.289.824 masih dilakukan secara bertahap guna memenuhi kebutuhan ASN sebanyak 2,3 juta. Hal ini dikarenakan per 2 Mei 2024, tercatat sejumlah 602 instansi pemerintahan yang memberikan rincian kebutuhan formasi kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui sistem layanan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN).

< Besaran formasi tersebut akan terbagi di wilayah tugas instansi pusat dan instansi daerah. Bukan hanya itu, terdapat juga formasi yang diperuntukkan bagi pemenuhan kebutuhan sekolah kedinasan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Talenta Digital yang ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rincian Formasi CASN 2024

Lantas seperti apa rincian formasi CASN 2024 di lingkup instansi pusat dan daerah? Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, total formasi yang sudah diumumkan akan terbagi pada sejumlah instansi. Baik itu yang berasal dari instansi pusat, instansi daerah, hingga SDM Talenta Digital. Adapun rincian formasinya adalah sebagai berikut:

1. Instansi Pusat

Jumlah formasi: 427.650

2. Instansi Daerah

Jumlah formasi: 862.174

3. SDM Talenta Digital

Jumlah formasi: 71.643
CPNS: 14.114 formasi
PPPK: 57.529 formasi

4. Sekolah Kedinasan

Jumlah formasi: 3.445
CPNS: 3.445 formasi

Rincian Formasi di Berbagai Instansi

Kemudian masyarakat juga perlu untuk mengetahui daftar rincian formasi di berbagai instansi yang telah mengajukan rincian kepada KemenPAN-RB. Merujuk dari laman resmi mereka, berikut daftar rincian formasi CASN 2024 yang berasal dari berbagai instansi dikutip dari laman resmi masing-masing instansi:

1. Kementerian Perhubungan (KemenHub)

Jumlah formasi: 18.017
CPNS tenaga teknis: 1.385 formasi
CPNS tenaga kesehatan: 6 formasi
PPPK tenaga teknis: 16.543
PPPK tenaga kesehatan: 83 formasi

2. Kementerian Agama (Kemenag)

Jumlah formasi: 13.780
Penempatan di IKN: 1.378

3. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR)

Jumlah formasi: 26.319
CPNS tenaga teknis: 6.385 formasi
CPNS tenaga kesehatan: 3 formasi
PPPK tenaga teknis: 19.931

4. Kementerian Sosial (Kemensos)

Jumlah formasi: 40.839
CPNS: 226 formasi
PPPK: 40.573

Sementara itu, terkait formasi di instansi yang lain, masyarakat dapat memantau secara berkala informasi yang nantinya akan dibagikan melalui laman resmi masing-masing instansi.

Cara Daftar CPNS 2024

Setelah mengetahui rincian formasi CASN 2024 yang telah dibagikan oleh sebagian instansi, detikers perlu untuk memahami terkait cara mendaftarkannya. Meskipun hingga saat ini KemenPAN-RB belum mengumumkan tanggal pembukaan pendaftaran CASN 2024 secara resmi, tetapi berdasarkan perkiraan jadwal CASN 2024 di bulan Juni atau Juni 2024 membuat calon peserta perlu untuk mempersiapkan dirinya dari sekarang. Terutama bagi mereka yang berencana mendaftar dalam seleksi CPNS.

Terkait dengan cara daftar CPNS 2024, terdapat gambaran alur yang didasarkan pada 'Buku Petunjuk Pendaftaran Seleksi CPNS Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2023' yang diterbitkan secara resmi oleh laman resmi BKN. Berikut alur pendaftaran CPNS secara lengkap:

  1. Peserta membuka laman resmi https://daftar-sscasn.bkn.go.id/akun.
  2. Peserta mengisi data diri secara lengkap dalam Pengecekan Identitas.
  3. Peserta memasukkan kode CAPTCHA.
  4. Peserta akan diminta untuk kembali melengkapi data.
  5. Peserta harus memastikan telah mengisi seluruh data secara lengkap dan benar.
  6. Peserta yang sudah yakin, bisa melakukan klik Lanjutkan.
  7. Peserta yang akan mengakhiri proses pendaftaran akun, akan ada notifikasi yang meminta peserta untuk mengecek kembali terkait data yang diinput.
  8. Peserta yang telah mengisi data dengan sesuai dan yakin, dapat klik Iya.
  9. Peserta telah menyelesaikan pendaftaran akun CASN.
  10. Pelamar dapat mengunduh Kartu Informasi Akun yang berisikan informasi mengenai akun CASN peserta.
  11. Peserta telah selesai mendaftar akun CASN, sehingga dapat melakukan log in untuk mendaftarkan dirinya dalam rekrutmen CASN 2024 nantinya.

Kemudian, terdapat sejumlah dokumen yang perlu untuk dipersiapkan oleh calon peserta CPNS. Hal ini dikarenakan saat mengakses laman SSCASN, terdapat beberapa dokumen yang wajib untuk diunggah. Berikut sejumlah dokumen pendaftaran CPNS:

  1. Kartu Keluarga (KK)
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  3. Ijazah asli
  4. Transkrip Nilai asli
  5. Pas foto
  6. Swafoto atau selfie
  7. Dokumen lain sesuai dengan persyaratan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar

Demikian tadi rangkuman rincian formasi CPNS 2024 untuk instansi pusat dan daerah lengkap beserta dengan cara mendaftarnya. Semoga dapat menjadi panduan bagi detikers, ya.

(sip/sip)
Anindya Milagsita - detikJateng