5 Jenis Tes CPNS

Proses Screening Tes CPNS di Surabaya
Tes CPNS Apa Saja? Cek di Sini. (Foto: Istimewa/ Dok Kemenkumham Jatim)

Pada mulanya, CPNS akan dimulai dengan tahapan seleksi administrasi. Barulah setelah lolos dari tahap tersebut, peserta bisa mengikuti rangkaian tes selanjutnya.

Tes tersebut umumnya dibagi dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Menurut Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KepmenPANRB) No 651 Tahun 2023, SKD terdiri dari tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, dan tes karakteristik pribadi. Peserta harus memenuhi nilai ambang batas dan dinyatakan lolos SKD untuk dapat lanjut ke tahap SKB.

Kemudian SKB adalah seleksi yang menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai jabatan. SKB diselenggarakan dalam computer-assisted test (CAT) oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) maupun dalam tes lain sesuai persyaratan jabatan.

Tes SKD maupun SKB terdiri dari beragam materi yang sudah disebutkan di atas. Agar lebih jelas, simak rincian tes CPNS baik SKD maupun SKB.

5 Jenis Tes CPNS

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

TWK dalam SKD akan menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta seleksi CPNS dalam mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara,dan bahasa negara. Soal TWK terdiri dari 30 soal. Jawaban benar bernilai 5, sedangkan jawaban salah atau tidak menjawab bernilai 0.

TIU dalam SKD menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta seleksi CPNS dalam menerapkan kemampuan verbal, numerik, dan figural. Soal TIU terdiri dari 35 soal, dengan jawaban benar bernilai 5 dan jawaban salah bernilai 0.

Soal kemampuan verbal meliputi analogi, silogisme, dan analitis. Soal kemampuan numerik terdiri dari soal berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif, dan soal cerita. Kemudian soal kemampuan figural mencakup analogi, ketidaksamaan, dan serial.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

TKP dalam SKD akan menilai pengetahuan dan kemampuan peserta CPNS dalam menerapkan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, dan antiradikalisme. Soal TKP terdiri dari 45 soal. Bobot jawaban paling rendah bernilai 1, paling tinggi 5, dan tidak menjawab 0.

4. SKB CAT

Menurut PermenPANRB No 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, materi SKB pada SKB CAT untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional. Materi ini kemudian diintegrasikan ke bank soal sistem CAT yang diselenggarakan BKN.

Untuk materi SKB CAT jabatan pelaksana yang bersifat teknik, bisa menggunakan soal SKB yang masih serumpun dengan jabatan fungsional terkait.

5. SKB Tambahan

Selain CAT SKB jabatan fungsional dan jabatan pelaksana, materi SKB juga bisa berupa:

Psikotes
Tes potensi akademik
Tes kemampuan bahasa asing
Tes kesehatan jiwa
Tes kesegaran jasmani atau tes kesamaptaan
Tes praktik kerja
Uji penambahan nilai dan sertifikat kompetensi
Wawancara
Tes lain sesuai persyaratan jabatan

Untuk menentukan kelulusan akhir, akan dilakukan integrasi nilai dengan bobot SKD sebesar 40 persen, dan SKB 60 persen. Jika hasilnya sama, maka penentuan kelulusan akhir didasarkan pada nilai kumulatif SKD tertinggi.

Jika masih sama, maka penentuan kelulusan akhir menggunakan IPK tertinggi atau nilai nila rata-rata tertinggi di ijazah. Jika masih sama, kelulusan akhir ditentukan berdasarkan usia pelamar yang tertua.

Itu dia jawaban dari tes CPNS apa saja? Semoga membantu, ya!

(nir/nah)
Nikita Rosa - detikEdu