Jawaban KemenPAN-RB soal Viral Seleksi CPNS Dibuka 15 Juli

Pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS) 2021 berjalan mulai hari ini. Begini suasana tes di gedung Badan Kepegawaian Nasional Jakarta.
Ilustrasi seleksi CPNS.Foto: Agung Pambudhy

Viral soal seleksi CPNS 2024 dibuka 15 Juli nanti. Apakah benar seperti itu?

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Aparatur Aba Subagja buka suara soal seleksi umum Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), yang mencakup CPNS dan calon PPPK.

Aba mengatakan, saat ini Kementerian PANRB tengah bersiap-siap dalam penetapan formasi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Menyusul proses itu, setelahnya barulah penetapan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Kemarin kita persiapan untuk penetapan formasi, penyandingan, dan sebagainya. Tapi Pak Menteri sudah tanda tangan sih (setujui penetapannya). Akan kita rapikan dulu dan sebagainya," kata Aba,  Jumat (12/7/2024).

Melihat prosesnya yang masih cukup panjang, menurutnya seleksi belum bisa dibuka dalam waktu dekat. Hal ini sekaligus menjawab kabar yang beredar di media sosial tentang seleksi CPNS dibuka 15 Juli atau 3 hari lagi.

"Nggak (dibuka 15 Juli), belum. Nanti kan kita baru mau penetapan formasi untuk yang PNS dulu. Belum menyiapkan yang PPPK kan. Belum (akan dibuka dalam waktu dekat) sih," ujar dia.

"Iya (kemungkinan melewati tanggal 15) sekarang sudah tanggal berapa? (terlalu mepet). Ya mudah-mudahan sih lebih cepat," sambungnya.

Barulah setelah itu, PANRB akan melakukan penetapan formasi. Setelah prosesnya rampung, Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang akan merilis jadwal resmi dari seleksi CASN.

"Setelah itu kan nanti kita harus bagi ke kementerian/lembaga (KL). Nah KL nanti persiapan, jadwal kan di BKN. Nanti mereka nunggu dari kita (PANRB)," tuturnya.

Saat ditanya apakah prosesnya bisa rampung segera dan seleksi dibuka bulan Juli ini, Aba belum dapat memastikannya. Ia berharap, seleksi tetap akan dibuka bulan ini. "Mudah-mudahan," kata Aba.

Sebagai tambahan informasi, dalam timeline besarnya, seharusnya rangkaian seleksi dibuka dengan CPNS Sekolah Kedinasan (Sekdin) pada bulan Maret. Sayangnya, seleksi baru dibuka pada bulan Mei 2024. Sedangkan untuk seleksi CASN secara umum mulanya dijadwalkan dibuka Juni.

Namun akhirnya, seleksi pun jadi mundur ke bulan Juli. Rencana seleksi CASN mundur ke Juli tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Kementerian PAN-RB Rini Widyantini bulan Juni lalu.

"Mudah-mudahan sih, kita sih mintanya Juni harusnya sudah selesai (penetapan formasi), supaya Juli bisa (buka seleksi). Tapi kita belum tahu ya kapan, masih nunggu penetapan dari Pak Menteri (PAN-RB)," kata Rini ditemui usai Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi II DPR RI di Senayan Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Sementara itu, Plh. Deputi Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) BKN, Suharmen mengatakan, kebutuhan formasi belum difinalisasi lantaran Kementerian PANRB terlebih dulu menyelesaikan coaching clinic dan pematangan Kembali detail formasi. Dalam hal ini, apakah sesuai dengan penyelesaian tenaga non-ASN alias honorer.

"Tapi CPNS kemarin dapat laporan dari KemenPANRB sudah selesai, namun belum bisa ditetapkan karena Pak Menteri masih melaksanakan ibadah haji. Kita masih menunggu itu. Kalau Pak Menteri sudah menetapkan secara prinsip, sistemnya sudah siap untuk diumumkan penerimaan untuk CPNS. Tapi untuk PPPK masih ada beberapa yang harus diverifikasi datanya," katanya, ditemui terpisah.

Di samping itu, salah satu hal yang membuat formasi belum dapat ditetapkan ialah karena ada sejumlah kementerian/Lembaga (KL) pusat maupun daerah yang belum mengumpulkan formasi. Salah satunya Kementerian Agama yang masih dalam proses pendetailan.

(shc/hns) Shafira Cendra Arini detikFinance