Pendaftaran CPNS 2024 Ditargetkan Juli Dibuka

Ilustrasi tes CPNS. Pembukaan pendaftaran CPNS 2024.

Ilustrasi tes CPNS. Pembukaan pendaftaran CPNS 2024.(DOK. Kemenpan-RB) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas sebelumnya menargetkan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dibuka pada Juli 2024.

"Awal Juli sudah ada pengumuman mengenai waktu dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), tahapan tes pertama dalam seleksi CASN," kata Anas (5/6/2024).

Ia menyampaikan, pendaftaran CPNS 2024 akan dilakukan setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB mengenai penetapan kebutuhan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selanjutnya, instansi pemerintah akan berkoordinasi dengan BKN untuk mengumumkan lowongan formasi dan seleksi CPNS 2024.

Sebagai informasi, pemerintah mengumumkan akan membuka lowongan 1.289.824 calon aparatur sipil negara (CASN) yang terdiri atas CPNS dan PPPK.

Sebanyak 427.650 formasi akan dialokasikan untuk mengisi kebutuhan di instansi pusat dan 862.174 mengisi formasi di informasi daerah.

Pemerintah juga bakal membuka rekrutmen CPNS untuk fresh graduate dengan talenta digital yang akan ditugaskan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pemerintah daerah, yaitu sebanyak 71.643 formasi yang terdiri dari 14.114 formasi CPNS dan 57.529 PPPK.

Lantas, kapan pendaftaran CPNS 2024 dibuka?

Pendaftaran CPNS 2024 masih menunggu Panselnas

Meskipun ditargetkan dibuka Juli 2024, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Vino Dita Tama belum bisa memastikan kapan tanggal pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 bakal dibuka.

Vino menyampaikan, kepastian jadwal pendaftaran CPNS 2024 masih menunggu finalisasi dari Panitia Seleksi Nasional atau Panselnas.

"Untuk jadwal pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK masih menunggu keputusan resmi Panselnas," ucapny, Senin (1/7/2024).

Setelah pembukaan diumumkan, Voni berkata, BKN akan menyampaikan lebih lanjut jadwal dan tahapan seleksi CPNS dan PPPK 2024.

Saat ditanya apakah pendaftaran CPNS akan dibuka sesuai target, yaitu pada Juli 2024, Vino belum bersedia menjelaskan lebih lanjut.

Ia hanya meminta masyarakat untuk menunggu informasi resmi yang akan disampaikan selanjutnya.

"Silakan ditunggu informasinya," ucap dia.

Naskah CASN sudah diserahkan

Awal Juni lalu, Panselnas telah menerima naskah yang berisi soal seleksi kompetensi dasar (SKD) bagi CPNS 2024 kepada KemenPANRB.

Naskah tersebut ditulis oleh 38 perguruan tinggi se-Indonesia.

Selain soal SKD, KemenPANRB juga menerima naskah Seleksi Kompetensi Manajerial, Kompetensi Sosial Kultural, dan Wawancara, serta Seleksi Kompetensi Teknis untuk PPPK.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan, penyerahan soal CASN 2024 menunjukkan proses pengadaan pendaftaran CPNS dan PPPK 2024.

Ia mengapresiasi kepada tim penyusun naskah soal yang telah bekerja keras demi menciptakan ASN yang berkualitas.

“Panselnas dan tim penyusun naskah soal telah berkomitmen agar transformasi ASN bisa diwujudkan sejak tahap awal seleksi,” ungkap Anas, dilansir dari laman KemenPANRB

Soal-soal tersebut diharapkan mampu menyaring calon peserta seleksi CASN sehingga menghasilkan ASN yang memiliki karakteristik selaku pelayan publik.

Mekanisme pelaksanaan CPNS 2024

Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto menyampaikan, pelaksanaan CPNS 2024 akan dibuka sebanyak 3 kali sepanjang tahun 2024.

“Untuk mengakomodir formasi tersebut, BKN melaksanakan seleksi CASN 2024 dilakukan sebanyak 3 periode,” kata dia pada Januari 2024 lalu, dikutip dari laman BKN.

Semula, pendaftaran CPNS 2024 periode pertama akan dimulai pada Maret 2024. Selanjutnya pendaftaran CPNS periode kedua dilaksanakan pada Juni 2024. Terakhir, pemerintah akan kembali membuka pendaftaran CPNS 2024 ketiga kalinya pada Agustus 2024.

Namun, hingga Juli 2024, pemerintah belum juga mengumumkan pelaksanaan CPNS 2024.

Pembukaan tiga periode pendaftaran CPNS 2024 tersebut bertujuan untuk memenuhi target 2,3 juta formasi CASN.

Cek formasi CPNS 2024 di sscasn.bkn.go.id

Apabila sudah resmi dibuka, calon pelamar CASN 2024 dapat melihat rincian formasi CPNS dan PPPK melalui portal ASN Karier di alamat sscasn.bkn.go.id.

Berikut cara mengecek formasi kebutuhan CASN 2024:

  • Kunjungi situs https://sscasn.bkn.go.id
  • Halaman akan menampilkan fitur ASN Karier untuk melihat lowongan CPNS yang akan dibuka oleh setiap instansi pemerintah
  • Kemudian, pilih tingkat pendidikan, baik SD, SMP, SMA, diploma, sarjana, master, doktor, atau tenaga kesehatan
  • Pilih program studi atau jurusan pendidikan
  • Masukkan nama instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS, baik kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah
  • Pilih jenis pengadaan, meliputi CPNS, PPPK guru, PPPK tenaga kesehatan, atau PPPK teknis
  • Terakhir, klik "Cari".

Halaman situs ASN Karier selanjutnya akan daftar formasi CPNS atau PPPK yang tersedia sesuai tingkat pendidikan, jurusan, dan instansi yang dipilih.

Daftar informasi tersebut menampilkan informasi jabatan, unit kerja, penghasilan atau gaji, serta jumlah kebutuhan.

Akan tetapi, data formasi yang tersedia di laman tersebut saat ini masih merupakan kebutuhan pengadaan tahun anggaran 2023.kompas