Syarat PPPK Bisa Daftar CPNS 2024 Tanpa Harus Mundur Resmi

PPPK boleh mendaftar CPNS 2024, ini syaratnya!
PPPK boleh mendaftar CPNS 2024, ini syaratnya!(KOMPAS/WAWAN H PRABOWO) Informasi yang menyebutkan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bisa daftar calon pegawai negeri sipil (CPNS) tanpa harus mengundurkan diri, ramai di media sosial. 

PPPK merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu.

Ketentuan soal PPPK diatur dalam Peraturan Presiden Presiden (Perpres) Nomor 98 Tahun 2020 tentang Gaji dan Tunjangan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

"RESMI!! P3K BISA MELAMAR CPNS TANPA HARUS MENGUNDURKAN DIRII. Aturan ini tertuang dalam Permenpanrb no 6 thn 2024," tulis akun Twitter @Noprendiwxxx, Senin (29/7/2024).

Unggahan tersebut juga menyertakan tangkapan layar Pasal 24 Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) Nomor 6 tahun 2024 tentang Pengadaan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dalam pasal itu dijelaskan syarat PPPK boleh mendaftar seleksi CPNS 2024.

Lantas, benarkah PPPK boleh ikut mendaftar CPNS 2024 tanpa harus mengundurkan diri atau resign?

Penjelasan KemenPANRB

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja mengonfirmasi, PPPK dapat mendaftar CPNS 2024 tanpa harus mengundurkan diri.

Hal itu diatur dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 6 Tahun 2024 tentang Pengadaan Pegawai ASN yang menggantikan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2023 tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja Untuk Jabatan Fungsional.

"PPPK yang tertarik menjadi PNS diberikan kesempatan untuk melamar dalam rekrutmen CPNS apabila memenuhi syarat," kata Aba, dikutip dari keterangan resmi , Selasa (29/7/2024) malam.

Ia memastikan, selama mengikuti seleksi CPNS, PPPK tidak perlu mengundurkan diri. Mereka bisa mengundurkan diri dari PPPK ketika sudah dinyatakan lolos CPNS 2024.

“Bagi PPPK yang ingin melamar CPNS tidak harus berhenti dari PPPK. Jadi kalau tidak diterima dia bisa kembali ke PPPK,” jelas Aba.

Aturan pengunduran diri PPPK ketika diterima menjadi CPNS 2024 termaktub dalam ayat 2 Pasal 56 PermenPANRB Nomor 6/2024 tentang Pengadaan Pegawai ASN.

"Dalam hal calon PNS yang akan diangkat berkedudukan sebagai PPPK, yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai PPPK sebelum penetapan PPK," tulis ayat tersebut.

Syarat PPPK boleh daftar CPNS 2024

Bagi PPPK yang berminat mendaftar CPNS 2024 harus memenuhi sejumlah syarat yang ditetapkan.

Mengacu Pasal 24 PermenPANRB Nomor 6/2024 tentang Pengadaan Pegawai ASN, PPPK boleh mendaftar CPNS 2024 apabila memenuhi syarat sebagai berikut:

  • Berpengalaman menjadi PPPK selama masa kerja minimal 1 tahun
  • Telah mendapat persetujuan dari PPK atau Pyb.

Syarat tersebut sebagaimana disampaikan dalam poin D Pasal 24 PermenPANRB Nomor 6/2024 tentang Pengadaan Pegawai ASN. Berikut bunyinya:

"Dalam hal PPPK melamar pada lowongan jenis pengadaan PNS atau pengadaan PPPK, yang bersangkutan wajib memenuhi Masa Perjanjian Kerja minimal 1 (satu) tahun dan telah mendapatkan persetujuan dari PPK atau Pyb."

Selain itu, PPPK juga wajib memenuhi syarat mengikuti CPNS 2024. Berikut rinciannya:

  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat melamar sebagai PNS
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS, PPPK, prajurit TNI, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS< PNS< prajurit TNI, atau anggota kepolisian
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan
  • Memiliki kompetensi yang dibutuhkan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah
  • Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan PPK.

Alokasi seleksi CASN 2024, ada CPNS dan PPPK

Jenis kebutuhan pengadaan PNS 2024 terdiri dari kebutuhan umum dan kebutuhan khusus.

Kebutuhan umum ditujukan bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam peraturan.

Sementara, kebutuhan khusus ditujukan untuk penyandang disabilitas, cumlaude, diaspora, putra/putri Papua, putra/putri Kalimantan, serta putra/putri daerah 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal).

Tahun ini, Pemerintah Indonesia mengumumkan bakal membuka lowongan 1.289.824 CASN yang terdiri dari 427.650 formasi instansi pusat dan 862.174 formasi instansi daerah.

Lowongan yang dibuka untuk CPNS dan PPPK itu bertujuan untuk memenuhi total kebutuhan 2,3 juta formasi ASN.

Pelamar dapat melihat rincian formasi CPNS dan PPPK melalui portal AS Karier di sscasn.bkn.go.id.

Berikut cara mengecek formasi CASN 2024:

  • Kunjungi situs https://sscasn.bkn.go.id
  • Selanjutnya, halaman akan menampilkan fitur ASN Karier untuk melihat lowongan CPNS yang dibuka
  • Pilih tingkat pendidikan, baik SD, SMP, SMA, diploma, sarjana, master, doktor, atau tenaga kesehatan
  • Kemudian, pilih program studi atau jurusan pendidikan
  • Masukkan nama instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS, baik kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah
  • Pilih jenis pengadaan, mencakup CPNS, PPPK guru, PPPK tenaga kesehatan, atau PPPK teknis
  • Klik "Cari" Terakhir, laman ASN Karier dari BKN akan memuat daftar formasi CPNS dan PPPK yang tersedia.

Selanjutnya, halaman akan menampilkan daftar formasi CPNS atau PPPK yang tersedia sesuai tingkat pendidikan, jurusan, dan instansi yang dipilih.

Daftar formasi tersebut mencakup informasi jabatan, unit kerja, penghasilan atau gaji, serta jumlah kebutuhan.

Kendati demikian, data formasi yang tersedia saat ini masih merupakan kebutuhan pengadaan tahun anggaran 2023.

Untuk perincian formasi terbaru akan tersedia ketika pendaftaran CPNS 2024 dibuka oleh pemerintah.

Kapan CPNS 2024 dibuka?

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, Informasi Publik Kemenpan-RB, Mohammad Averrouce mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan kapan lowongan CPNS dan PPPK 2024 bakal dibuka.

Ia memastikan, pemerintah akan segera membuka lowongan CPNS dan PPPK apabila tahap verifikasi dan validasi (verval) sudah selesai diinput oleh masing-masing pemerintah.

Adapun tahap verval tersebut sudah dimulai sejak Mei 2024.

"Pembukaan CASN 2024 akan dilakukan jika tahapan verval dan persiapan instrumen baik regulasi maupun sistem sudah siap," kata Averrouce, dikutip dari keterangan resmi, Senin.

"Kami tidak ingin terburu-buru. Oleh karena itu, kami pastikan semuanya on the track dan meminimalisir kelalaian atau kesalahan sedetail mungkin," imbuhnya lagi,

Sebelumnya, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas telah menyampaikan, progres pengadaan CASN 2024 masih di tahap finalisasi usulan detail formasi dari masing-masing Kementerian/Lembaga.

Sebagai contoh, kementerian/lembaga pusat mendapatkan kuota fresh graduate sekitar lebih dari 200.000, tapi sampai hingga awal Juli, finalnya kementerian/lembaga yang mengusulkan belum sampai 200.000 formasi.

Kendati demikian, pemerintah berusaha mempercepat proses tersebut agar waktu pendaftaran lanjutan segera dilaksanakan.

Dengan begitu seleksi CPNS dan PPPK 2024 dapat segera diumumkan dan dibuka.

Alinda Hardiantoro, Rizal Setyo Nugroho/kompas