Jawaban Jadwal Rekrutmen PPPK 2024 Dibuka

Ilustrasi PPPK. Pendaftaran PPPK 2024. Seleksi PPPK 2024.
Ilustrasi PPPK. Pendaftaran PPPK 2024. Seleksi PPPK 2024.(SHUTTERSTOCK/WIBISONO.ARI) Pemerintah akan segera membuka pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 20 Agustus hingga 6 September 2024.

Pada rekrutmen tahun ini tersedia sebanyak 250.407 formasi yang bisa didaftarkan pelamar CPNS 2025.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah azwar Anas menjelaskan, ada dua jenis kebutuhan formasi pada pengadaan PNS Tahun 2024 yakni kebutuhan umum dan kebutuhan khusus.

Kebutuhan khusus yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas, cumlaude, diaspora, putra atau putri Papua, putra/putri Kalimantan, serta putra-putri daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal (3T).

"Untuk fresh graduate kami buka peluang yang lebih besar dibanding tahun sebelumnya, karena tahun ini jumlah rekrutmen CPNS-nya relatif lebih besar dibanding sebelumnya," kata Anas dikutip dari laman resmi Kemenpan-RB, Sabtu (17/8/2024).

Selain CPNS, pemerintah juga akan membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Lantas kapan rekrutmen PPPK 2024 akan dibuka?

Jadwal rekrutmen PPPK

Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengatakan, rekrutmen PPPK akan segera dibuka untuk melakukan penataan terhadap tenaga non-ASN.

Saat ini proses penataan tenaga non-ASN atau tenaga honorer masih dalam tahapan verifikasi dan validasi.

"Secara bertahap nanti akan dibuka rekrutmen PPPK untuk kelanjutan penataan tenaga non-ASN atau tenaga honorer pada tahun 2024, yang saat ini sedang proses verifikasi dan validasi," ujar Anas.

Anas mengatakan, jadwal rekrutmen PPPK akan diumumkan jika proses verifikasi dan validasi tenaga non-ASN atau tenaga honorer selesai.

"Segera kami umumkan untuk rekrutmen PPPK bila proses verifikasi dan validasi tuntas," jelasnya.kompas