Kata BKN soal Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka 18 Agustus-2 September 2024

 Jadwal pendaftaran CPNS diprediksi dibuka mulai 18 Agustus-2 September 2024

Jadwal pendaftaran CPNS diprediksi dibuka mulai 18 Agustus-2 September 2024(Tangkapan layar TikTok/@wanitamandiri92) Prediksi jadwal pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) beredar di media sosial.

Jadwal pembukaan rangkaian seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tersebut salah satunya dibagikan di media sosial TikTok oleh akun @wanita***, Kamis (1/8/2024).

Tampak dalam unggahan, formasi CPNS serta PPPK instansi pusat dan daerah diperkirakan ditetapkan pada 4 Agustus 2024.

Pengumuman jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 berlangsung pada 5-17 Agustus 2024, sedangkan pendaftaran dibuka mulai 18 Agustus-2 September 2024.

Hasil seleksi administrasi sendiri diprediksi diumumkan pada 4 September 2024, dengan masa sanggah mulai 5-10 September 2024.

Diperkirakan, seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS dan seleksi kompetensi PPPK berlangsung pada 29 September-11 Oktober 2024.

Sementara, seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS dan seleksi kompetensi teknis tambahan PPPK diprediksi pada 10-23 September 2024.

"Entah valid apa tidak, tetapi ini info jadwal yang saya dapatkan sejauh ini," tulis pengunggah.

Lantas, bagaimana penjelasan Badan Kepegawaian Negara (BKN)?

Jadwal CPNS dan PPPK 2024 tunggu Panselnas

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Vino Dita Tama, tidak memberikan jawaban yang jelas terkait jadwal tersebut.

Namun, menurut dia, hingga saat ini Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) belum mengumumkan jadwal serta tahapan seleksi CPNS dan PPPK 2024.

"Belum ya," ujarnya, Jumat (2/8/2024).

Vino menyampaikan, calon pelamar CASN tahun ini dapat merujuk pada agenda yang akan dirilis Panselnas.

Kendati demikian, pihaknya tidak menyebut kapan panitia akan mengeluarkan agenda rangkaian seleksi CASN tersebut.

"Setelah pembukaan diumumkan (oleh Panselnas) nanti akan bersamaan disampaikan jadwal per tahapan," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pendaftaran CPNS akan dibuka mulai minggu pertama Agustus.

"Kita menunggu, minggu pertama, insyaallah, mudah-mudahan ini selesai ya, karena kementerian (yang belum serahkan formasi) tinggal tiga," ujar Anas, dikutip dari Kompas TV, Kamis (1/8/2024).

Pendaftaran CASN tunggu usulan formasi

Terpisah, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, Informasi Publik Kemenpan-RB, Mohammad Averrouce menjelaskan, pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2024 akan dibuka jika tahapan verval dan persiapan instrumen, baik regulasi maupun sistem, sudah siap.

"Kami tidak ingin terburu-buru. Oleh karena itu, kami pastikan semuanya on the track dan meminimalisir kelalaian atau kesalahan sedetail mungkin," ujarnya , Senin (29/7/2024).

Dia mengatakan, pemerintah saat ini masih melakukan finalisasi usulan detail formasi dari masing-masing kementerian dan lembaga.

Pasalnya, usulan sejumlah kementerian dan lembaga pusat masih belum memenuhi kuota formasi yang disediakan.

"Contohnya, kementerian/lembaga pusat itu mendapatkan kuota fresh graduate sekitar 200.000 lebih, tapi sampai hingga awal Juli, finalnya kementerian/lembaga yang mengusulkan belum sampai 200.000 formasi," kata Averrouce.

Pemerintah akan berusaha mempercepat proses tersebut agar waktu pendaftaran CASN lanjutan segera dilaksanakan.

Menteri PANRB pun telah memberikan persetujuan prinsip formasi ASN 2024 dan menyerahkannya kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Pusat dan Daerah.

Total formasi yang disetujui itu sekitar 1,2 juta formasi, tetapi masih dapat disesuaikan, mengingat kebutuhan ASN secara nasional akan terus dioptimalkan.

"Pemerintah berusaha memenuhi kebutuhan formasi tersebut. Namun demikian, penetapan formasi secara bertahap akan segera diterbitkan agar proses seleksi dapat sesegera mungkin dilaksanakan," kata dia.

Formasi CPNS dan PPPK 2024

Tahun ini, pemerintah berniat membuka lowongan 1.289.824 CASN yang terdiri dari 427.650 formasi instansi pusat dan 862.174 formasi instansi daerah.

Saat pendaftaran resmi diumumkan, calon pelamar dapat melihat perincian formasi CPNS dan PPPK melalui portal ASN Karier dengan alamat sscasn.bkn.go.id.

Berikut cara mengecek formasi CASN:

  • Buka situs https://sscasn.bkn.go.id
  • Halaman akan menampilkan fitur ASN Karier untuk melihat lowongan CPNS yang dibuka
  • Pilih tingkat pendidikan, baik SD, SMP, SMA, diploma, sarjana, master, doktor, atau tenaga kesehatan
  • Pilih program studi atau jurusan pendidikan
  • Masukkan nama instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS, baik kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah
  • Pilih jenis pengadaan, mencakup CPNS, PPPK guru, PPPK tenaga kesehatan, atau PPPK teknis
  • Klik "Cari"
  • Selanjutnya, laman ASN Karier dari BKN akan memuat daftar formasi CPNS dan PPPK yang tersedia.

Halaman situs akan menampilkan daftar formasi CPNS atau PPPK yang tersedia sesuai tingkat pendidikan, jurusan, dan instansi yang dipilih.

Daftar formasi tersebut mencakup informasi jabatan, unit kerja, penghasilan atau gaji, serta jumlah kebutuhan.

Namun, data formasi yang tersedia masih merupakan kebutuhan pengadaan tahun anggaran 2023, sedangkan perincian formasi terbaru hanya tersedia saat pendaftaran CPNS 2024 resmi dibuka oleh pemerintah.

Diva Lufiana Putri, Ahmad Naufal Dzulfaroh Tim Redaksi/kompas