Kisi-Kisi SKD CPNS 2024: Materi TWK, TIU, dan TKP

Ilustrasi CPNS. Kisi-kisi SKD CPNS 2024. Materi SKD CPNS 2024. Kisi-kisi atau materi CPNS 2024.
Ilustrasi CPNS. Kisi-kisi SKD CPNS 2024. Materi SKD CPNS 2024. Kisi-kisi atau materi CPNS 2024.(Shutterstock) Kisi-kisi atau materi yang akan diujikan dalam seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil (SKD CPNS) tahun 2024 telah dijabarkan secara rinci.

Materi SKD CPNS 2024 tercantum dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 321 Tahun 2024 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2024.

Merujuk keputusan tersebut, SKD pengadaan PNS tahun 2024 meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Tes SKD CPNS 2024 berjumlah sebanyak 110 soal, terdiri dari 30 soal TWK, 35 soal TIU, dan 45 soal TKP. 

Lantas, apa saja kisi-kisi atau materi yang akan menjadi bahan tes SKD CPNS 2024?

Kisi-kisi atau materi SKD CPNS 2024

Dituliskan dalam Keputusan MenpanRB Nomor 321 Tahun 2024, kisi-kisi atau materi tes SKD CPNS tahun ini sebagai berikut:

1. Tes wawasan kebangsaan (TWK)

Tes wawasan kebangsaan (TWK) bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam mengimplementasikan rasa nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa.

  • Nasionalisme, untuk menilai kemampuan mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.
  • Integritas, untuk mengukur kemampuan menjunjung tinggii kejujuran, ketangguhan, komitmen, dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional
  • Bela negara, untuk menilai kemampuan berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara
  • Pilar negara, untuk menilai karakter positif melalui pemahaman dan pengamalam nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika
  • Bahasa negara, untuk mengetahui kemampuan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

2. Tes intelegensia umum (TIU)

Tes intelegensia umum (TIU) bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan kemampuan verbal, numerik, dan figural.

Kemampuan verbal terdiri dari:

  • Analogi, untuk mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang mempunyai hubungan tertentu, kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain
  • Silogisme, untuk mengukur kemampuan individu menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan
  • Analitis, untuk mengukur kemampuan individu  menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

Kemampuan numerik terdiri dari:

  • Berhitung, untuk mengukur kemampuan hitung sederhana
  • Deret angka, untuk mengukur kemampuan melihat pola hubungan angka
  • Perbandingan kuantitatif, untuk mengukur kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif
  • Soal cerita, untuk mengukur kemampuan menganalisis kuantitatif dan informasi yang diberikan.

Kemampuan figural terdiri dari:

  • Analogi, untuk mengukur kemampuan bernalar melalui perbandingan dua gambar yang mempunyai hubungan tertentu, kemudian menggunakan konsep hubungan itu pada situasi lain.
  • Ketidaksamaan, untuk mengukur kemampuan individu meihat perbedaan beberapa gambar.
  • Serial, untuk mengukur kemampuan dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

3. Tes karakteristik pribadi (TKP)

Tes karakteristik pribadi bertujuan untuk menilai kemampuan dalam penguasaan pengetahuan dan pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, dan anti radikalisme.

  • Pelayanan publik, untuk menilai kemampuan menampilkan perilaku keramahtamahan dalam bekerja yang efektif supaya bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan orang lain sesuai tugas dan wewenang yang dimiliki
  • Jejaring kerja, untuk mengukur kemampuan membangun dan membina hubungan, bekerjasama, berbagi informasi dan berkolaborasi dengan orang lain secara efektif
  • Sosial budaya, untuk mengukur kemampuan beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk, yang terdiri dari beragam agama, suku, budaya, dan lainnya
  • Teknologi informasi dan komunikasi, untuk mengukur kemampuan memanfaatkan terknologi informasi secara efektif untuk meningkatkan kinerja
  • Profesionalisme, untuk mengukur kemampuan melaksanakan tugas dan fungsi sesuai tuntutan jabatan
  • Anti radikalisme, untuk melihat kemampuan menjaring informasi tentang pengetahuan terhadap anti radikalisme, kecenderungan bersikap, dan bertindak saat menanggapi stimulus dengan beberapa alternatif situasi.

Terkait dengan pembobotan nilai SKD CPNS 2024, untuk materi soal TIU dan TWK bobot jawaban benar bernilai 5, sedangkan salah atau tidak menjawab bernilai 0.

Sementara itu, untuk materi soal TKP, bobot jawaban benar bernilai paling rendah 1 dan nilai paling tinggi 5, serta tidak menjawab bernilai 0.

Itulah rangkuman mengenai kisi-kisi atau materi SKD CPNS 2024. Yuk persiapkan diri dengan baik sebelum mengikuti seleksi agar memperoleh hasil yang maksimal.

Kompas Mela Arnani