Pemerintah Prioritaskan Guru Status P1 dalam Seleksi ASN PPPK 2024

 Ilustrasi guru.

Ilustrasi guru.(SHUTTERSTOCK/MASROB) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menegaskan guru dengan status Prioritas 1 (P1) akan tetap menjadi prioritas dalam seleksi Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK) 2024.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud Ristek, Temu Ismail dalam siaran di akun Instagram Direktur Jenderal GTK Nunuk Suryani.

"Jadi sesuai dengan Kepmenpan-RB Nomor 348/l Tahun 2024 kriteria terkait dengan pelamar seleksi ASN guru tahun 2024 itu yang pertama, pelamar prioritas P1," kata Temu dikutip dari siaran di akun Instagram Direktur Jenderal GTK Nunuk Suryani, Rabu (28/8/2024).

Guru yang jadi prioritas di PPPK Guru 2024

Temu Ismail mengatakan, ada beberapa kategori lagi yang akan diprioritaskan dalam seleksi ASN PPPK tahun 2024 antara lain guru eks tenaga honorer kategori II atau THK II.

Kemudian guru ASN di instansi daerah dan lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang datanya ada di pangkalan data Kemendikbud Ristek.

Selain itu, guru-guru yang belum lulus pada seleksi ASN PPPK tahun 2024 juga akan mendapat prioritas.

"Merupakan hasil yang dulu tahun 2021 dan belum pernah dinyatakan lulus pada seleksi PPPK hasil guru yang periode sebelumnya," ujarnya.

Belum ada jadwal pasti pendaftaran PPPK Guru 2024

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen GTK Nunuk Suryani menegaskan, sampai saat ini belum ada jadwal pasti kapan seleksi ASN PPPK dilakukan.

Namun, kata Nunuk, sudah dirilis aturan mengenai mekanisme seleksi ASN PPPK dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Hal itu sudah dituangkan melalui keputusan Menteri RB Nomor 3 Tahun 2024 tentang Mekanisme Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau ASN PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru di Instansi Daerah Tahun Anggaran 2024.

"Seperti jadwal penyelenggaraannya (Seleksi ASN PPPK) kapan kita masih menunggu ya," kata Nunuk.

Pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 akan dibuka bulan September. Setelah pendafataran CPNS 2024 ditutup pada tanggal 6 September 2024.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, kemungkinan besar pendaftaran PPPK 2024 akan dibuka dalam waktu dekat ini. Sementara, CPNS sendiri ditutup pada 6 September.

Ia mengungkapkan, alasan mengapa PPPK 2024 saat ini belum dibuka. Sebab saat ini masih ada kendala teknis yang dialami sejumlah daerah terkait PPPK.

Ia menegaskan PPPK tahun ini akan memperioritaskan atau menuntaskan data PPPK yang terdata di Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Sehingga setelah CPNS pasti langsung (PPPK). Sepertinya September," ujar Menpan RB Abdullah Azwar Anas, saat berada di Makassar beberapa waktu lalu dilansir dari video Antara, Rabu, (28/8/2024).kompas