Seleksi 600.000 CASN Dibuka Bulan Ini 60.000 Bakal Ditempatkan di IKN

Menpan-RB Abdullah Azwar Anas bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan Menkes Budi Gunadi Sadikin di IKN, Minggu (11/8/2024).
Menpan-RB Abdullah Azwar Anas bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan Menkes Budi Gunadi Sadikin di IKN, Minggu (11/8/2024).(DOK. Kemenpan-RB) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah akan membuka seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) sebanyak 600.000 bulan ini.

Dari kuota tersebut, sebanyak 60.000 CASN bakal ditempatkan di Ibu Kota Nusantara. 60.000 orang yang bakal ditempatkan ini adalah talenta-talenta digital.

"Kami di bulan Agustus akan membuka lowongan, membuka pengumuman CASN dari total 600.000, ada 60.000 formasi untuk IKN dengan seleksi amat sangat ketat dengan talenta digital multitasking," kata Azwar Anas dalam keterangannya di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024).

Anas menyampaikan, pihaknya juga memberikan jalur khusus atau jalur afirmasi untuk talenta lokal Kalimantan.

Dengan jalur afirmasi, putra-putri Kalimantan tidak perlu bersaing dengan keseluruhan peserta yang mendaftar. Hal ini kata Anas, berdasarkan saran dari Presiden Joko Widodo.

"Sehingga dengan demikian nanti akan ada afirmasi 5 persen putra-putri terbaik Kalimantan nanti akan bisa masuk ke IKN," ucapnya.Di sisi lain, pihaknya juga membuka pendaftaran bagi ASN di sekitar untuk pindah ke IKN menyusul banyaknya antusiasme yang diterima.

Dia bilang, berdasarkan keputusan rapat terbatas, ada sejumlah syarat yang perlu dipenuhi ASN termasuk kemampuan digital.

"Kemarin di ratas diputuskan akan ada syarat-syarat terbuka bagi pemindahan m, karena syarat untuk berkantor di sini harus punya kemampuan digital dan juga sistem pemerintah berbasis elektronik akan dikerjakan," jelasnya.kompas