Tak Sengaja Daftar CASN Papua Barat, Apakah Masih Bisa Ikut CPNS 2024?

Tak Sengaja Daftar CASN Papua Barat, Apakah Masih Bisa Ikut CPNS 2024?
Tak Sengaja Daftar CASN Papua Barat, Apakah Masih Bisa Ikut CPNS 2024?(Tangkapan layar akun Tiktok @.izwanyt) Sejumlah warganet di media sosial mengaku tak sengaja mendaftarkan diri sebagai calon aparatur sipil negara (CASN) Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Mereka mengira, pendaftaran akun SSCASN yang dibuka di https://daftar-pbpbd-sscasn.bkn.go.id ditujukan untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini.

Setelah mendaftar, mereka mendapati bahwa tautan tersebut adalah pendaftaran CASN Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Alhasil, data diri mereka terdaftar sebagai peserta CASN Papua Barat dan Papua Barat Daya.

"Aku juga baru daftar ehh pas udh selesai kok tulisannya Papua, ga bisa dibatalkan ya?" tulis akun TikTok @i*, Minggu (4/8/2024).

Keluhan serupa juga banyak dibagikan oleh warganet di media sosial X (Twitter).

Lantas, apakah warganet yang tak sengaja mendaftar CASN Papua Barat dan Papua Barat Daya masih bisa ikut CPNS 2024?

Penjelasan BKN

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Vino Dita Tama mengatakan, portal https://daftar-pbpbd-sscasn.bkn.go.id/ memang ditujukan untuk pendaftaran CPNS khusus di wilayah Papua dan Papua Barat pada 2021.

"(Itu) merupakan formasi CPNS khusus di wilayah Papua dan Papua Barat tahun anggaran 2021 yang telah disetujui Kemenpan-RB sebelumnya, tetapi belum bisa dilaksanakan karena alasan konflik," kata Vino, Selasa (6/8/2024).

Menurutnya, pelaksanaan seleksi CPNS Papua Barat dan Papua Barat Daya itu saat ini dilakukan berdasarkan kondisi tingkat keamanan di masing-masing wilayah.

Bagi nasib masyarakat yang telanjur mendaftarkan diri di CPNS Papua Barat dan Papua Barat Daya dalam laman itu, Vino belum bisa memberikan penjelasan lebih lanjut.

Ia belum bisa memastikan apakah peserta yang sudah telanjur mendaftar di CPNS Papua Barat dan Papua Barat Daya masih bisa mengikuti CPNS 2024.

"Sementara hanya ini yang kami informasikan," tuturnya.

Kapan pendaftaran CPNS 2024 dibuka?

Pendaftaran CPNS 2024 sebelumnya direncanakan akan dibuka sebanyak tiga kali sepanjang tahun ini, yaitu mulai minggu ketiga Maret sampai dengan Agustus.

Namun, hingga kini BKN belum juga merilis jadwal seleksi CPNS 2024, karena masih menunggu keputusan resmi dari Panselnas.

Setelah informasi pendaftaran CPNS 2024 resmi dirilis, BKN akan menyampaikan lebih lanjut jadwal pada setiap tahapannya.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum, Komunikasi, Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Mohammad Averrouce mengatakan, pendaftaran CPNS 2024 masih menunggu tahapan verifikasi dan validasi (verval) formasi selesai.

Ia sendiri belum bisa memastikan kapan kedua tahapan tersebut selesai.

Saat ini, pemerintah masih mengupayakan agar proses verifikasi dan validasi (verval) cepat rampung, sehingga pendaftaran CPNS 2024 dapat segera dibuka.

Kebutuhan formasi CASN 2024

Sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan akan membuka lowongan CASN 2024 sebanyak 1.289.824.

Rinciannya, 427.650 formasi untuk instansi pusat dan 862.174 formasi instansi daerah.

Pendaftaran CASN 2024 ditujukan untuk memenuhi total kebutuhan 2,3 juta formasi ASN.

Sebagian formasi juga akan ditujukan untuk talenta digital yang ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan pemerintah daerah.

Informasi terkait rincian formasi CPNS dan PPPK selanjutnya akan disampaikan melalui laman  sscasn.bkn.go.id.

Namun, laman tersebut saat ini masih menampilkan kebutuhan pengadaan CPNS 2023. Perincian formasi terbaru akan tersedia ketika pendaftaran sudah dibuka.

Alinda Hardiantoro, Ahmad Naufal Dzulfaroh Tim Redaksi/kompas