Cara Cek Akreditasi Kampus dan Prodi di BAN-PT untuk Daftar CPNS 2024

Xara cek akreditasi kampus BAN-PT untuk CPNS 2024
Xara cek akreditasi kampus BAN-PT untuk CPNS 2024(screenshoot ) Cara mengecek akreditasi universitas atau kampus di website BAN-PT banyak dicari calon pelamar CPNS 2024. 

Hal itu karena dokumen akreditasi kampus dan program studi (prodi) menjadi salah satu persyaratan pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Tahun ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengadakan pendaftaran seleksi CPNS 2024 yang berlangsung pada 20 Agustus hingga 10 September 2024.

Dikutip dari situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) di sscasn.bkn.go.id, pelamar seleksi CPNS 2024 membutuhkan data akreditasi kampus dan prodi sesuai tanggal ijazahnya untuk mendaftar formasi CPNS.

Akreditasi adalah sistem jaminan mutu dari lembaga berwenang untuk memberikan pengakuan formal terhadap suatu institusi yang mempunyai kecakapan tertentu.

Akreditasi kampus dan prodi diberikan pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Lalu, bagaimana cara mengecek dan mengunduh dokumen akreditasi kampus dan prodi untuk pendaftaran seleksi CPNS?

Cara cek akreditasi kampus

(16/09/2023), akreditasi kampus dan prodi diberikan BAN-PT setiap lima tahun sekali.

Peringkat akreditasi terdiri dari Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Status ini diberikan ke kampus atau prodi yang menjalani penilaian dengan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 sejak 1 April 2019 dan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT) 3.0 mulai 1 Oktober 2018.

Sebelum tanggal tersebut, kampus atau prodi dinilai dengan Instrumen Akreditasi 7 Standar. Status akreditasinya diberi peringkat A, B, dan C.

Pelamar seleksi CPNS 2024 dapat mengecek akreditasi kampus melalui situs resmi BAN-PT. Berikut cara mengecek status akreditasi kampus.

  • Buka situs BAN-PT di alamat banpt.or.id.
  • Klik menu "data akreditasi" di bagian tengah atas situs.
  • Klik submenu "institusi (terkini)" untuk menemukan status akreditasi terbaru kampus.

Sebagai alternatif lain, pilih submenu "pencarian data akreditasi (histori)" untuk menemukan status akreditasi kampus sejak pertama kali dinilai hingga saat ini.

  • Tuliskan nama perguruan tinggi yang akreditasinya ingin dicari di kolom perguruan tinggi.
  • Situs BAN-PT akan menampilkan status akreditasi kampus sesuai pencarian.

Situs BAN-PT juga menampilkan informasi status akreditasi kampus, nomor dan tahun surat keputusan akreditasi, wilayah perguruan tinggi, dan tanggal kedaluwarsa.

Gunakan status akreditasi kampus yang periode berlaku maupun tanggal kedaluwarsanya sesuai tanggal ijazah atau kelulusan mahasiswa.

Cara cek akreditasi prodi

Ilustrasi perguruan tinggi yang berakreditasi Unggul dari BAN-PT.DOK. BAN-PT Ilustrasi perguruan tinggi yang berakreditasi Unggul dari BAN-PT.
Selain akreditasi kampus, BKN dan instansi terkait akan meminta data akreditasi prodi dari pelamar seleksi CPNS sesuai tanggal ijazah atau waktu kelulusannya dari perguruan tinggi.

Berikut cara mengecek akreditasi prodi melalui laman BAN-PT.

  • Buka situs BAN-PT melalui alamat banpt.or.id.
  • Klik menu "data akreditasi" di bagian tengah atas situs.
  • Klik submenu "program studi (terkini)" untuk menemukan status akreditasi terbaru prodi.

Selain itu, pilih submenu "pencarian data akreditasi (histori)" untuk menemukan status akreditasi prodi sejak pertama kali dinilai hingga saat ini.

  • Tuliskan nama prodi dan kampus yang ingin dicari di kolom program studi.
  • Situs BAN-PT akan menampilkan data status akreditasi prodi sesuai pencarian.

Selain itu, situs BAN-PT juga menampilkan informasi status akreditasi prodi, wilayah perguruan tinggi, nomor dan tahun surat keputusan akreditasi, tanggal kedaluwarsa, serta status keaktifan jurusan.

Pastikan pelamar seleksi CPNS menggunakan akreditasi kampus dan prodi yang masa berlakunya sesuai tanggal ijazah atau kelulusannya dari perguruan tinggi.

Cek akreditasi lewat situs kampus

Tak hanya situs BAN-PT, data akreditasi dapat dicek dan diunduh melalui laman setiap perguruan tinggi maupun prodinya.

Karena itu, situs resmi perguruan tinggi dapat menjadi laman alternatif untuk mengecek sertifikat akreditasi yang dibutuhkan ketika situs BAN-PT mengalami eror.

(28/8/2024), berikut cara cek sertifikat akreditasi kampus dan prodi melalui situs resmi perguruan tinggi.

  • Buka situs penelusuran Google.
  • Ketik kata kunci “Akreditasi (nama kampus)", misalnya "Akreditasi Undip". Klik pencarian.
  • Jika situs kampus pernah mengunggah sertifikat akreditasi, Goggle akan menghubungkan pencarian ke situs terkait.
  • Untuk menemukan akreditasi sesuai tahun kelulusan, ketik kata kunci "akreditasi (nama kampus) dan tahun kelulusan" di situs Google.
  • Jika situs kampus yang mengunggah sertifikat akreditasi kampus dan prodi ditemukan, cek dokumen tersebut untuk memastikan tanggal berlakunya.
  • Klik unduh untuk mengunduh sertifikat akreditasi kampus dan prodi yang dibutuhkan dalam bentuk pdf.

Jika pelamar seleksi CPNS masih kesulitan menemukan sertifikat akreditasi kampus dan prodi, pertimbangkan hubungi call center pihak kampus atau prodi untuk mendapatkan bantuan.

Sertifikat kampus dan prodi diperbarui secara berkala. Karena itu, pastikan memakai sertifikat yang berlaku dalam periode tanggal ijazah pelamar seleksi CPNS.

Nah, itulah cara mengecek akreditasi universitas atau kampus di BAN-PT untuk pelamar CPNS 2024. kompas