Cara Mengatasi Gagal Membubuhkan E-meterai karena meterai-elektronik.com Eror

Cara mengatasi gagal membubuhkan e-meterai karena website meterai-elektronik.com eror.
Cara mengatasi gagal membubuhkan e-meterai karena website meterai-elektronik.com eror.(meterai-elektronik.com) Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 mewajibkan peserta buat menggunakan e-meterai atau materai elektronik (bentuk baku: meterai elektronik) di beberapa dokumen pendaftaran.

Dokumen pendaftaran CPNS 2024 yang wajib menggunakan materai elektronik meliputi surat lamaran, surat pernyataan, dan surat resmi lainnya yang diminta tiap instansi. Untuk penggunaan e-meterai ini, peserta dapat membeli dan membubuhkannya secara online.

Pemerintah dan Peruri menyediakan website meterai-elektronik.com buat membeli e-meterai dan membubuhkannya pada dokumen CPNS 2024. Akan tetapi, sejak sekitar Selasa kemarin (3/9/2024), website meterai-elektronik.com eror.

Berdasarkan pantauan kami, per hari ini, Rabu (4/9/2024), pukul 12.28 WB, website meterai-elektronik.com juga masih eror dan tidak bisa diakses sama sekali.

Dengan kondisi ini, e-meterai yang terlanjur dibeli di website tersebut bakal tidak bisa atau gagal dibubuhkan. Meski demikian, peserta yang gagal membubuhkan e-meterai karena website eror tak perlu khawatir.

Adapun cara mengatasi gagal membubuhkan e-meterai karena website meterai-elektronik.com eror adalah sebagai berikut.

Cara mengatasi gagal membubuhkan e-meterai karena website eror

Jika gagal membubuhkan e-meterai karena website eror, peserta dapat mengajukan pengembalian dana. Permohonan pengembalian dana pembelian e-meterai bisa disampaikan ke Contact Center Peruri dengan cara sebagai berikut:

  • Kirim e-mail ke cs.digital@peruri.co.id.
  • Tulis subjek e-mail dengan format seperti ini, “CASN-Pengajuan Pembatalan Pembelian meterai-elektronik.com” (tanpa tanda kutip).
  • Lampirkan beberapa informasi ini:
    • Nomor HP
    • Nama
    • Bukti Pembayaran
    • Sisa kuota saat ini
    • Nomor invoice yang dibatalkan
  • Pengembalian dana pembelian e-meterai di meterai-elektronik.com memiliki ketentuan sebagai berikut:
    • Pengajuan pengembalian dana maksimal 3 hari setelah pembayaran berhasil.
    • Pembatalan pembelian hanya bisa dilakukan untuk 1 invoice pembelian kuota secara utuh.
    • Tidak bisa dilakukan pembatalan pembelian hanya untuk beberapa keping e-meterai dalam invoice.
    • Permintaan pembatalan pembelian akan diproses maksimal 45 hari kalender.
    • Uang yang dikembalikan berjumlah 75% dari total pembayaran invoice pembelian.
    • Jika kuota pengguna tidak mencukupi untuk pembatalan pembelian maka pengajuan tidak akan diproses.

Peserta yang mengalami gagal membubuhkan e-meterai karena website eror dan ingin mengajukan pengembalian dana bisa bertanya lebih lanjut ke Contact Center resmi dari Peruri di nomor WhatsApp 081110675555.

Lewat unggahan Story di akun Instagram resmi Peruri, pihak Peruri menyampaikan jika kendala pada website meterai-elektronik.com terjadi karena website sedang mengalami peningkatan traffic.

Selain meterai-elektronik.com, peserta sejatinya dapat membeli di beberapa platform reseller e-meterai seperti website Skill Academy, website Posfin, aplikasi Momofin, dan aplikasi Sobatmeterai, sebagaimana dijelaskan dalam postingan akun Instagram Peruri.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Peruri Digital (@peruri.digital)

Akan tetapi, berdasarkan percobaan kami, semua platform tersebut saat ini tidak bisa diakses untuk membeli e-meterai. Saat mencoba membeli e-meterai di Skill Academy, website menampilkan peringatan “Mohon maaf e-meterai sedang tidak tersedia”.

Tampilan website Skill Academy yang saat ini tidak dapat dipakai untuk membeli e-meterai.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan website Skill Academy yang saat ini tidak dapat dipakai untuk membeli e-meterai.

Sementara itu, di aplikasi Momofin, saat hendak daftar akun dan membeli e-meterai, aplikasi sama sekali tidak merespons. Aplikasi tidak dapat memuat tampilan dan hanya muncul peringatan “Gagal: Maaf sistem tidak merespons”.

Tampilan aplikasi Momofin yang eror tidak bisa memuat tampilan saat hendak daftar akun dan beli e-meterai.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan aplikasi Momofin yang eror tidak bisa memuat tampilan saat hendak daftar akun dan beli e-meterai.

Selain lewat platform, Peruri juga menyebutkan jika pembelian e-meterai dapat dilakukan di kantor Pos Indonesia. Mengingat platform online banyak yang eror, kemungkinan besar pembelian e-meterai untuk saat ini bisa dilakukan di kantor Pos Indonesia.kompas