Kisi kisi materi TWK SKD CPNS 2024, Materi TWK SKD CPNS 2024

Ilustrasi tes SKD CPNS 2024. Materi SKD CPNS 2024. Kisi-kisi materi SKD CPNS 2024. Kisi-kisi materi TWK SKD CPNS 2024. 
 Ilustrasi tes SKD CPNS 2024. Materi SKD CPNS 2024. Kisi-kisi materi SKD CPNS 2024. 
Kisi-kisi materi TWK SKD CPNS 2024.(KOMPAS.com/RULLY RAMLI)  Ada tiga materi tes seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil (SKD CPNS) tahun ini, salah satunya tes wawasan kebangsaan (TWK).

Kisi-kisi atau materi TWK SKD CPNS 2024 sudah dirilis secara resmi, yang tertuang dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 321 Tahun 2024 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2024.

Merujuk kebijakan tersebut, peserta SKD CPNS tahun ini akan menghadapi sebanyak 30 soal TWK.

Lalu, bagaimana detail materi TWK SKD CPNS 2024?

Kisi-kisi atau materi TWK SKD CPNS 2024

Dituliskan dalam KepmenpanRB Nomor 321 Tahun 2024, tes wawasan kebangsaan (TWK) diujikan dengan tujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam mengimplementasikan rasa nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan bahasa.

Lebih lanjut, kisi-kisi materi TWK SKD CPNS 2024 sebagai berikut:

  • Nasionalisme, untuk menilai kemampuan mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.
  • Integritas, untuk mengukur kemampuan menjunjung tinggii kejujuran, ketangguhan, komitmen, dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional
  • Bela negara, untuk menilai kemampuan berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara
  • Pilar negara, untuk menilai karakter positif melalui pemahaman dan pengamalam nilai-nilai dalam Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika
  • Bahasa negara, untuk mengetahui kemampuan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sementara itu, terkait dengan sistem pembobotan nilai TWK dalam tes SKD CPNS 2024, yaitu jawaban benar bernilai 5, salah bernilai 0, dan tidak menjawab bernilai 0.

Terkait dengan nilai ambang batas atau passing grade TWK SKD CPNS 2024, yakni 65 untuk formasi kebutuhan umum.

Sebagai tambahan informasi, peserta SKD CPNS juga akan menghadapi tes intelegensia umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP).

Adapun nilai ambang batas atau passing grade yang wajib dipenuhi oleh peserta dalam tes SKD CPNS tahun ini 

Itulah ulasan informasi mengenai kisi-kisi materi tes TWK SKD CPNS 2024. Semoga berhasil ya.kompas