Cara Cek Formasi PPPK 2024 di SSCASN

Tangkapan layar laman SSCASN untuk seleksi PPPK 2024. Pendaftaran seleksi PPPK 2024. Laman SSCASN untuk pendaftaran PPPK 2024.
Tangkapan layar laman SSCASN untuk seleksi PPPK 2024. Pendaftaran seleksi PPPK 2024. Laman SSCASN untuk pendaftaran PPPK 2024.(Badan Kepegawaian Negara (BKN))
 Pendaftaran seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) sudah dibuka sejak 1 Oktober 2024, secara online melalui laman SSCASN (Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara), https://sscasn.bkn.go.id.

Seleksi PPPK 2024 akan terbagi menjadi dua periode. Periode pertama dijadwalkan berlangsung pada 1-20 Oktober 2024, sedangkan periode kedua pada 17 November-31 Desember 2024.

Tahun ini, pemerintah mengalokasikan sebanyak 1.031.554 formasi PPPK 2024. Lowongan PPPK tersebut untuk menyelesaikan pemetaan tenaga honorer (non-ASN) di instansi pemerintah.

Dalam hal ini, Anda bisa melakukan pengecekan lowongan PPPK 2024 secara online. Bagaimana caranya?

Cara cek formasi PPPK 2024

Dikutip dari laman SSCASN Badan Kepegawaian Negara (BKN), cara cek formasi PPPK 2024 di SSCASN sebagai berikut:

  • Akses laman https://sscasn.bkn.go.id
  • Gulir ke bawah pada halaman awal portal SSCASN
  • Masukkan jenjang pendidikan terakhir
  • Pilih program studi
  • Masukkan nama instansi yang dituju
  • Masukkan Jenis Pengadaan, pilih PPPK Guru, PPPK Teknis, atau PPPK Tenaga Kesehatan
  • Setelah itu, klik tombol 'Cari'.

Nantinya, sistem SSCASN akan memunculkan daftar formasi PPPK 2024 sesuai data yang dimasukkan.

Dalam daftar formasi PPPK 2024 di SSCASN juga tersedia informasi tugas jabatan, jumlah kebutuhan formasi, hingga besaran penghasilan yang diterima.

Untuk diketahui, seleksi PPPK hanya terdiri dari dua tahapan, yaitu seleksi administrasi dan seleksi kompetensi. Tes PPPK 2024 kembali dilaksanakan dengan metode computer assisted test (CAT).

Seleksi kompetensi dilakukan untuk menilai kesesuaian kompetensi manajerial, kompetensi teknis, dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

Setelah itu, akan ada wawancara. Seleksi wawancara dilakukan berbasis komputer yang digunakan untuk menilai integritas dan moralitas peserta.

Itulah ulasan informasi terkait cara cek formasi PPPK 2024 di portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id. kompas